logo blog
Selamat Datang Di Blog Pendidikan Ekonomi
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Pendidikan Ekonomi.
Semoga apa yang kami share di sini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Landasan Sosiologis Pendidikan

Education Papers - Manusia selalu hidup berkelompok, karena manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain dalam hidupnya. Sosiologis pendidikan merupakan analisis ilmiah tentang proses sosial dan pola-pola interaksi sosial di dalam system pendidikan. Ruang lingkup yang dipelajari oleh sosiologi pendidikan meliputi empat bidang yaitu: 1) Hubungan system Pendidikan dengan aspek masyarakat lain; 2) Hubungan kemanusiaan di sekolah; 3) Pengaruh Sekolah pada prilaku anggotanya; 4) Sekolah dalam komunitas, yang mempelajari pola interaksi antara sekolah dengan kelompok sosial lain didalam komunitasnya. Keempat bidang ini sangat penting sebagai sarana untuk memahami system pendidikan dalam kaitannya dengan keseluruhan hidup masyarakat. Kajian sosiologis dalam pendidikan sangat kompleks dan mencakup berbagai pihak, selain sekolah ada keluarga, kelompok sosial dalam masyarakat dan kelompok sebaya.



Masyarakat Indonesia sebagai Landasan Sosiologis Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Masyarakat mencakup sekelompok orang yang berinteraksi antarsesamanya, saling tergantung dan terikat oleh nilai dan norma yang dipatuhi bersama, serta pada umumnya bertempat tinggal di wilayah tertentu dan memiliki kepentingan bersama. Masyarakat Indonesia mempunyai perjalanan sejarah yang panjang, mulai dari zaman prasejarah sampai pada masa kemerdekaan saat ini. Dari dulu hingga kini, cirri yang menonjol dari masyarakat Indonesia adalah sebagai masyarakat majemuk yang tersebar di ribuan pulau di nusantara. Pada zaman penjajahan sifat dasar masyarakat Indonesia yang menonjol adalah: 1) ada pengelompokan sosial dari golongan penjajah dengan yang dijajah; 2) memiliki struktur sosial yang terbagi-bagi; 3) antar kelompok sering mengalami konflik; 3) terdapat saling ketergantungan dalam bidang ekonomi; 4) adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok yang lain; 5) integrasi sosial suakar dapat tumbuh. Setelah orde baru masyarakat Indonesia telah mengalami banyak perubahan. Yang masih tetap, yaitu masyarakat yang majemuk masih ada.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012 - 2014. Pendidikan Ekonomi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger