logo blog
Selamat Datang Di Blog Pendidikan Ekonomi
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Pendidikan Ekonomi.
Semoga apa yang kami share di sini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Memaksimalkan Keuntungan dan Kurva Penawaran Perusahaan Kompetetif

Tidak dipungkiri lagi bahwa salah satu tujuan sebuah perusahaan adalah untuk mencapai keuntungan semaksimal mungkin, terlebih lagi apabila perusahaan tersebut adalah perusahaan kompetitif.

Artikel ini akan mencoba membahas tentang hal tersebut, yaitu tentang Memaksimalkan Keuntungan dan Kurva Penawaran Perusahaan Kompetetif.

Untuk meneruskan analisis sampai pada keuntungan maksimal kurva-kurva biaya ini menjelaskan hampir semua jenis perusahaan:
  • kurva biaya marginal (MC) arahnya naik,
  • biaya total rata-rata (ATC) berbentuk U, dan
  • kuva biaya marginal memotong biaya total rata-rata dititik  terendah ATC.
Harga berada pada garis horisontal karena perusahaan adalah penerima harga, sama dengan AR dan MR.

Jika pendapatan marginal lebih besar daripada biaya marginal perusahaan dapat meningkatkan keuntungannya dengan cara meningkatkan jumlah produksinya, tetapi jika pendapatan marginal lebih kecil daripada biaya marginal perusahaan juga dapat menaikkan keuntungan dengan cara mengurangi jumlah produksinya.

Untuk lebih jelasnya dapat digambarkan sebagai berikut:
Tabel 1. Contoh Sederhana dari Maksimalisasi Keuntungan

Untuk memaksimalkan keuntungan, suatu perusahaan akan memilih jumlah barang yang menyeimbangkan pendapatan marginal dengan biaya marginalnya. Karena pendapatan marginalnya bagi suatu perusahaan kompetitif sama besarnya dengan harga, maka perusahaan tersebut memilih jumlah tertentu di mana harga sama dengan biaya marginal. Maka kurva biaya marginal itu adalah kurva penawaranya.

Gambar 1. Maksimalisasi Keuntungan Untuk Perusahaan Kompetitif

Keterangan:
Figur diatas menujukkan kurva  biaya marjinal (MC),  kurva biaya rata-rata (ATC), dan kurva biaya variabel rata-rata (AVC). Figur ini menunjukkan harga pasar (P), yang sama dengan pendapatan marginal (MR) dan pendapatan rata-rata (AR). Pada jumlah Q1, pendapatan marginal MR1 melebihi biaya marjinal MC1.

Jadi meningkatkan jumlah produksi akan meningkatkan keuntungan. Pada Q2, biaya marjinal MC2 diatas pendapatan marjinal MR2 sehingga mengurangi produksi akan meningkatkan keuntungan. Jumlah memaksimalkan keuntungan (Q max) terletak dimana garis harga horizontal memotong kurva biaya marginal.

Kurva Biaya Marjinal dan Keputusan Penawaran Perusahaan
Pada dasarnya, karena kurva biaya marjinal perusahaan menetukan seberapa banyak perusahaan itu bersedia berproduksi berdasarkan tingkat harga yang telah berlaku di pasar, maka kurva itu juga merupakan kurva penawaran perusahaan kompetitif.

Maksimalisasi keuntungan terjadi pada kuantitas dimana pendapatan marjinal sama dengan biaya marjinal.
Ketika MR> MC x peningkatan Q
Ketika MR <MC x penurunan Q
Ketika MR = MC x Laba dimaksimalkan

Gambar 2. Biaya Marginal Sebagai Kurva Penawaran Perusahaan Kompetitif

Keterangan:
Biaya Marginal Sebagai Kurva Penawaran Perusahaan Kompetitif
Kenaikan harga dari P1 menjadi P2 mengarah pada kenaikan jumlah yang memaksimalkan keuntungan dari Q1 menjadi Q2. Karena kurva biaya marjinal menunjukkan jumlah yang disuplai oleh perusahaan pada harga yang telah ditentukan, kurva ini merupakan kurva penawaran perusahaan. 

Sumber: Mankiw, Gregory. 2006. Pengantar Ekonomi Mikro: Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012 - 2014. Pendidikan Ekonomi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified By Pendidikan Ekonomi
Pemasaran | Ilmu Pendidikan | Pendidikan Kewirausahaan | Pengantar Ilmu Ekonomi | Manajemen Operasi | Ekonomi Islam | Model Pembelajaran