Pin It

Produktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Posted by Budi Wahyono on Wednesday, December 19, 2012

Produktivitas merupakan salah satu faktor penting dalam kesejahteraan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Produktivitas merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan suatu UKM dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat. Tingkat produktivitas yang dicapai UKM merupakan indikator seberapa efisien UKM tersebut dalam mengkombinasikan sumber daya ekonomisnya saat ini. Anis, Nandiroh, Supriyanto (2007) menyatakan bahwa “Usaha peningkatan produktivitas harus direncanakan secara baik dan sistematis sehingga berhasil apabila diaplikasikan kedalam suatu perusahaan. Tahap pengukuran, evaluasi, perencanaan dan perbaikan harus disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik masing-masing perusahaan.” Selanjutnya menurut Anis et.al pada umumnya terdapat 5 strategi yang dapat digunakan dalam menyusun usaha perbaikan produktivitas UKM, yaitu: 
  1. Meningkatkan input dan output, dimana perubahan/peningkatan output > daripada input. 
  2. Menurunkan input dan output, dimana perubahan/penurunan input > daripada output. 
  3. Input tetap output meningkat. 
  4. Input turun, output tetap. 
  5.  Input turun, output meningkat.
Apabila usaha perbaikan produktivitas telah dilakukan, maka manfaat peningkatan produktivitas yang dapat diperoleh UKM yaitu:
  1. Peningkatan keuntungan bagi UKM. 
  2. Peningkatan kualitas produk. 
  3. Peningkatan upah kepada buruh.
Produktivitas UKM melalui pemberian kredit untuk investasi dan modal kerja akan menjadi sia-sia bila produk yang dihasilkan tidak dipasarkan dengan benar, meskipun produk tersebut memiliki nilai jual dan kualitas yang tinggi.

Pemasaran (Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Ada empat komponen pemasaran yaitu: 
  1. Product (produk) 
  2. Price (harga) 
  3. Place (tempat, termasuk juga distribusi) 
  4. Promotion (promosi)
Berdasarkan permasalahan di atas, dalam rangka memajukan usaha kecil yang memiliki daya saing yang kuat adalah dengan membangun strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran mengingat pemasaran merupakan upaya mengatur strategi dan cara agar konsumen mau mengeluarkan uang yang mereka miliki untuk menggunakan produk atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan, dalam hal ini adalah UKM. Strategi pemasaran berkaitan dengan bagaimana cara meyakinkan pembeli/pelanggan terhadap produk yang akan dijual. Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan karena strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan sehingga dalam menjalankan usaha kecil diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.

Dengan demikian, tingkat produktivitas menjadi sebuah patokan dalam UKM agar kegiatan UKM berjalan lancar, tetapi hal itu juga perlu ditindaklanjuti dengan pemasaran karena strategi pemasaran yang baik menyebabkan posisi UKM  menjadi kuat dalam kegiatan ekonomi nasional yang akhirnya membawa keuntungan bagi usaha tersebut sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih terjamin karena mereka memiliki tingkat pendapatan yang layak.

Baca Juga Artikel ini:

Tulis Komentar: