logo blog
Selamat Datang Di Blog Pendidikan Ekonomi
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Pendidikan Ekonomi.
Semoga apa yang kami share di sini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Sumbangan Pendidikan Pada Pembangunan

Sumbangan pendidikanterhadap pembangunan dapat dilihat dari berbagai segi, diantaranya:
1. Segi Sasaran Pendidikan
Pendidikan adalah usaha sadar yang ditujukan kepada peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian kuat dan utuh serta bermoral tinggi. Jadi tujuan citra manusia pendidikan adalah terwujudnya citra manusia yang dapat menjadi sumber daya pembangunan yang manusiawi.

Pembangunan pendidikan adalah:
  • pembangunan manusia seutuhnya 
  • berpusat pada pembangunan operasional dalam bentuk kegiatan belajar-mengajar 
  • pembangunan pelayanan umum yang professional atau yang tepat dan menyenangkan
  • pembangunan yang memerlukan waktu yang panjang berkesinambungan 
  • menghasilkan orang-orang yang terdidik (dewasa fisik, intelektual, sosial, emosional, kerja, dan moral)
2. Segi Lingkungan Pendidikan
a. Lingkungan keluarga (informal)
Dalam lingkungan keluarga anak dilatih berbagai kebiasaan yang baik tentang hal-hal yang berhubungan dengan kecekatan, kesopanan dan moral. Disamping itu, kepada mereka juga ditanamkan keyakinan-keyakinan yang penting utamanya hal-hal yang bersifat religius.

b. Lingkungan sekolah (formal)
Di lingkungan sekolah (pendidikan formal), peserta didik dibimbing untuk memperluas bekal yang telah diperoleh dari lingkungan kerja keluarganya yang berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

c. Lingkungan masyarakat (nonformal)
Di lingkungan masyarakat (pendidikan nonformal), peserta didik memperoleh bekal praktis untuk berbagai jenis pekerjaan, khususnya mereka yang tidak sempat melanjutkan proses belajarnya melalaui jalur formal.

3. Segi Jenjang Pendidikan
Jenjang pendidikan meliputi pendidikan dasar (basic education) yang memberikan bekal dasar bagi pendidikan lanjutan, menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan pada tingkat menengah memberikan dua macam bekal, yaitu membekali peserta didik yang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi (SMA) dan bekal kerja bagi peserta didik yang tidak melanjutkan sekolah (SMTA). Pendidikan tinggi memberikan bekal kerja keahlian menurut bidang tertentu.

4. Segi Pembidangan Kerja atau Sektor Kehidupan
Pembidangan kerja menurut sektor kehidupan meliputi bidang ekonomi, hukum, sosial politik, keuangan, perhubungan, komunikasi, pertanian, pertambangan, pertahanan, dan lain-lain. Pembinaan dan pengembangan bidang-bidang tersebut hanya mungkin dikerjakan jika diisi oleh orang-orang yang memiliki kemampuan seperti yang dibutuhkan.  Orang-orang dimaksud hanya tersedia jika pendidikan berbuat untuk itu.

Uraian tentang sumbangan pendidikan pada pembangunan seperti dikemukakan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut:
  • Pada langkah pertama, pendidikan menyiapkan manusia sebagai sumber daya pembangunan. Kemudia manusia selaku sumber daya pembangunan membangunan lingkungannya. 
  • Pada instansi terakhir, manusialah yang menjadi kunci pembangunan. Kesuksenan pembangunan sangat tergantung kepada manusianya. 
  • Pendidik memegang peranan penting karena merekalah yang menciptakan manusia pencipta pembangunan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012 - 2014. Pendidikan Ekonomi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger