Saturday, November 2, 2013

Pergerakan dan Pergeseran Kurva Penawaran

By
Artikel yang lalu membahas tentang Pergerakan dan Pergeseran Kurva Permintaan, sekarang giliran Pergerakan dan Pergeseran Kurva Penawaran yang akan kita bahas.

Pada prinsipnya pergerakan maupun pergeseran dalam kurva permintaan dan penawaran adalah sama. Pergerakan berarti pergerakan di sepanjang kurva, sedangkan pergeseran adalah pergeseran kurva ke kanan maupun ke kiri.

Pergerakan kurva penawaran merupakan pergerakan yang terjadi di sepanjang kurva penawaran yang diakibatkan oleh berubahnya jumlah produk yang ditawarkan produsen sebagai akibat dari perubahan harga produk tersebut.

Jadi, jelas bahwa yang menyebabkan adanya pergerakan di sepanjang kurva penawaran adalah karena perubahan harga produk yang bersangkutan. Pergerakan ini sejalan dengan Hukum Penawaran, yaitu ketika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah, sehingga titik pada kurva penawaran akan bergerak ke kanan.

Untuk lebih jelasnya, kami tampilkan dalam contoh kurva berikut ini:

Pergerakan dan Pergeseran Kurva Penawaran
Pergerakan di Sepanjang Kurva Penawaran
Dalam kurva penawaran di atas, diketahui bahwa harga es krim naik dari $1.00 menjadi $3.00.

Peningkatan harga es krim ini mengakibatkan jumlah penawaran es krim  bertambah dari 1 menjadi 5, dan terjadi pergerakan di sepanjang kurva penawaran yaitu dari titik A ke C.

Selain pergerakan, kurva penawaran juga bisa mengalami pergeseran, baik ke kanan maupun ke kiri. Pergeseran ini terjadi karena berubahnya jumlah produk yang ditawarkan produsen sebagai akibat dari berbagai faktor kecuali faktor harga produk tersebut.

Berbagai faktor yang dimaksud diantaranya adalah harga input, teknologi, harapan (ekspektasi), dan jumlah penjual.

Contoh:

Teknologi
Adanya teknologi dapat meningkatkan produktivitas produsen, sehingga dengan jumlah faktor produksi tetap, produsen dapat memproduksi lebih banyak barang dibanding sebelum menggunakan teknologi.

Akibatnya, jumlah barang yang ditawarkan meningkat dan menyebabkan kurva penawaran bergeser ke kanan.

Pergerakan dan Pergeseran Kurva Penawaran
Pergeseran Kurva Penawaran ke Kanan dan ke Kiri
Kesimpulan:
  1. Pergerakan di sepanjang kurva penawaran disebabkan oleh harga produk yang bersangkutan. 
  2. Pergeseran kurva penawaran disebabkan oleh berbagai faktor selain harga produk tersebut.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment