Wednesday, October 30, 2013

Pergerakan dan Pergeseran Kurva Permintaan

By
Setelah membahas Pengertian Permintaan dan Tabel serta Kurva Permintaan, maka pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Pergerakan dan Pergeseran Kurva Permintaan.

Mengapa ada Pergerakan dan Pergeseran??
Sebelum membahas materi ini lebih lanjut, perlu dipahami tentang perbedaan pergerakan dan pergeseran dalam konsep kurva permintaan ini.

Kami sengaja menggunakan dua istilah tersebut (pergerakan dan pergeseran) untuk memudahkan pembaca dalam memahami konsep ini.

Pergerakan yang dimaksud di sini adalah pergerakan titik di sepanjang kurva permintaan, sedangkan Pergeseran adalah pergeseran kurva permintaan ke kanan maupun ke kiri.

Pergerakan kurva permintaan merupakan pergerakan yang terjadi di sepanjang kurva permintaan yang diakibatkan oleh berubahnya jumlah produk yang diminta konsumen sebagai akibat dari perubahan harga produk tersebut.

Jadi, jelas bahwa yang menyebabkan adanya pergerakan di sepanjang kurva permintaan adalah karena perubahan harga produk yang bersangkutan. Pergerakan ini sejalan dengan Hukum Permintaan, yaitu ketika harga barang naik, maka jumlah permintaan akan turun, sehingga titik pada kurva permintaan akan bergerak ke kiri.

Untuk lebih jelasnya, kami tampilkan dalam contoh kurva berikut ini:

Pergerakan dan Pergeseran Kurva Permintaan
Pergerakan di Sepanjang Kurva Permintaan
Dalam kurva permintaan di atas, diketahui bahwa harga es krim naik dari $1.00 menjadi $2.00 sebagai akibat dari adanya pajak (tax).

Peningkatan harga es krim ini mengakibatkan jumlah permintaan es krim  turun dari 8 menjadi 4, dan terjadi pergerakan di sepanjang kurva permintaan yaitu dari titik A ke B.

Selain pergerakan, kurva permintaan juga bisa mengalami pergeseran, baik ke kanan maupun ke kiri. Pergeseran ini terjadi karena berubahnya jumlah produk yang diminta konsumen sebagai akibat dari berbagai faktor kecuali faktor harga produk tersebut.

Berbagai faktor yang dimaksud diantaranya adalah pendapatan konsumen, harga produk lain, selera, harapan, dan jumlah pembeli.

Contoh:
Pendapatan Konsumen
Untuk barang normal, apabila pendapatan konsumen meningkat, maka jumlah barang yang diminta akan meningkat pula dan kurva permintaan akan bergeser ke kanan.

Sedangkan untuk barang inferior, apabila pendapatan konsumen meningkat, maka jumlah barang yang diminta akan turun dan kurva permintaan akan bergeser ke kiri.

Apabila digambarkan dalam sebuah kurva, berturut-turut adalah sebagai berikut:

Pergerakan dan Pergeseran Kurva Permintaan
Pergeseran Kurva Permintaan ke Kanan (Barang Normal)
Pergerakan dan Pergeseran Kurva Permintaan
Pergeseran Kurva Permintaan ke Kiri (Barang Inferior)
Kesimpulan:
  1. Pergerakan di sepanjang kurva permintaan disebabkan oleh harga produk yang bersangkutan. 
  2. Pergeseran kurva permintaan disebabkan oleh berbagai faktor selain harga produk tersebut.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

5 comments:

  1. terima kasih.. btw, sifat kurva permintaan dan penawaran tuh apa ya? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...
      Silakan baca dua artikel berikut ini Mbak:
      1. http://www.pendidikanekonomi.com/2013/10/tabel-dan-kurva-permintaan.html
      2. http://www.pendidikanekonomi.com/2013/10/jadwal-dan-kur.html

      Delete
  2. ya sedikit sulit memahami materi antara pergerakan dan pergeseran karena beberapa faktor

    ReplyDelete