Monday, August 5, 2013

Pengertian Pembelajaran

By
Pembelajaran, sebagai akademisi tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut, tetapi sebenarnya apa sih “pembelajaran” itu?? Baik, mari kita bahas dalam artikel ini:

Menurut Isjoni (2007: 11) pembelajaran adalah sesuatu yang dilakukan oleh siswa, bukan dibuat untuk siswa. Sedangkan menurut Saiful Sagala (2005: 61) bahwa ”Pembelajaran mengandung arti setiap kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang mempelajari sesuatu kemampuan dan atau nilai yang baru”.

Kemudian menurut Oemar Hamalik (2008:54) pembelajaran adalah suatu kombinassi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran.

Berdasarkan beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa arti dari pembelajaran itu adalah suatu kegiatan yang dirancang untuk membantu siswa untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Pembelajaran terdiri dari beberapa komponen. Menurut Muhammad Affandi (2009) komponen atau unsur pembelajaran meliputi:

1. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran berisi rumusan pernyataan mengenai kemampuan atau kualifikasi tingkah laku yang diharapkan dimiliki/dikuasai siswa setelah ia mengikuti proses pembelajaran.

Pengertian Pembelajaran

2. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah isi atau bahan yang dipelajari siswa, materi pembelajaran harus direncanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

3. Strategi atau Model Pembelajaran
Model pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan oleh sorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

4. Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengethaui sejauh mana tujuan pembelajaran dapat dicapai.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment