Monday, August 12, 2013

Analisis Manfaat Bagi Pelanggan

By
Suatu perusahaan harus melakukan analisis rinci yang menentukan rentang manfaat sepenuhnya yang ditawarkan kepada pelanggannya. Ini dapat dilakukan dengan mendata ciri-ciri dari produk utama serta apa artinya bagi pelanggan. Analisis manfaat (benefits analysis) memberikan berbagai macam kelas manfaat.

Manfaat Standar
Manfaat Standar (standart benefits) adalah manfaat dasar yang muncul dari ciri-ciri perusahaan dan produknya. Setiap manfaat harus didata. Untuk dapat mendapatkan daftar yang menyeluruh dibutuhkan ketelitian.

Karena staf perusahaan biasanya sudah sangat akrab dengan perusahaan dan produknya, mereka sering menetapkan beberapa manfaat secara asal-asalan saja. Berhati-hatilah agar tidak jatuh pada jebakan tersebut ketika melakukan analisis manfaat.

Manfaat Ganda
Suatu perusahaan kadangkala dapat memiliki manfaat ganda (double benefits). Misalnya, suatu perusahaan dapat menjual suatu produk yang menguntungkan pelanggannya dan, dengan meningkatnya kualitas produk yang dihasilkan oleh pelanggan tersebut, juga pengguna akhirnya.

Misalnya, mesin fax, photo copy, printer, scanner dapat melakukan empat tugas sekaligus, yang berarti bahwa:
1. Produk tersebut akan menarik bagi rentang pelanggan yang luas.
2. Pengguna dapat menghemat ruang dan uang.
3. Menawarkan nilai lebih bagi pelanggan pengusaha kecil.
Pada contoh di atas, manfaat pertama ditujukan untuk pelanggan karena dapat memperlebar pasar pelanggan potensial dan manfaat tambahan lagi bagi pengguna akhir potensialnya.

Analisis Manfaat Bagi Pelanggan

Manfaat Perusahaan
Walaupun penting bagi wiraniaga untuk melakukan analisis manfaat secara menyeluruh, adalah penting juga untuk mendata manfaat pembeda (differential benefits) yang dimiliki perusahaan jika dibandingkan dengan pesaing utamanya.

Jika suatu perusahaan tidak dapat melihat adanya manfaat pembeda, mungkin karena apa yang mereka lakukan tawarkan mirip dengan apa yang ditawarkan pesaing atau karena perusahaan tidak melakukan analisis menfaat dengan benar. Pada manfaat pembedalah sebenarnya terletak kemungkinan terbesar keberhasilan perusahaan.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment