Wednesday, August 14, 2013

Penelitian Eksperimen

By
Penelitian Eksperimen merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif, dan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Awalnya, penelitian eksperimen banyak digunakan dalam bidang ilmu sains seperti fisika, kimia, biologi, dan sebagainya. Perkembangan selanjutnya, penelitian eksperimen juga sering digunakan dalam bisang ilmu sosial, termasuk dalam bidang Pendidikan Ekonomi.

Lalu, Apa Sebenarnya Penelitian Eksperimen Itu??
Menurut Nana Syaodih Sukmadinata (2009) penelitian eksperimen merupakan pendekatan penelitian kuantitatif yang paling penuh, dalam arti memenuhi semua persyaratan untuk menguji hubungan sebab akibat.

Masih dalam bukunya Nana Syaodih Sukmadinata (2009) penelitian eksperimen merupakan pendekatan penelitian yang khas. Kekhasan tersebut ditunjukkan oleh dua hal, pertama penelitian eksperimen menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain, kedua menguji hipotesis hubungan sebab akibat.

Ciri Utama Penelitian Eksperiman
Apabila dilihat sekilas mungkin muncul tanda Tanya besar di benak kita, bukankan penelitian survei atau penelitian lain juga bisa digunakan untuk menguji hubungan sebab akibat??

Ya, memang benar kalau penelitian survei bisa digunakan untuk menguji hubungan sebab akibat, tetapi ada ciri khusus penelitian eksperimen yang membedakannya dengan penelitian lain.

Ciri utama penelitian eksperimen adalah adanya pengontrolan variabel dan pemberian perlakuan terhadap kelompok eksperimen (Nana Syaodih Sukmadinata, 2009).

Dari teori yang dikemukakan Nana Syaodih Sukmadinata tersebut dapat diketahui bahwa dalam penelitian eksperimen terdapat dua kelompok, biasanya disebut ‘kelompok kontrol’ dan ‘kelompok eksperimen’. Kedua kelompok tersebut diberi perlakuan yang berbeda, kemudian hasil dari perlakuan tersebut dibandingkan.

Penelitian Eksperimen

Berdasarkan uraian tersebut pula, dapat dikatakan bahwa penelitian eksperimen tidak mungkin menggunakan data yang telah ada / belum dilakukan perlakuan (ex post facto) karena data baru akan diperoleh setelah dilakukan perlakuan (treatment).

Nah, sekarang sudah jelas kan??
Pembahasan tentang penelitian eksperimen akan terus berlanjut, jadi tetap kunjungi blog Pendidikan Ekonomi ini. :)

Referensi:
Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. 
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment