Sunday, August 11, 2013

Meningkatkan Produktivitas Tenaga Penjualan

By
Sebagian wiraniaga cenderung lebih sering berhubungan dengan konsumen besar yang menerima mereka dengan tangan terbuka, dan sebaliknya membatasi kunjungan pada konsumen yang sulit ditembus. Jika Anda mengklasifikasikan berdasarkan keramahan dan besarnya, Anda dapat mengembangkan suatu matriks sederhana untuk membantu Anda memutuskan kepada siapa upaya harus diarahkan.

Pada Gambar 1 kotak yang memberikan potensi terbesar untuk peningkatan produktivitas penjualan adalah kotak 4 dan 5; kotak 1 dan 2 menerima tingkat kontak hubungan untuk pemeliharaan saja.

Tenaga Penjual Tidak Dapat Dikelola Secara Terpisah
Tenaga penjual dari suatu perusahaan produsen peti anti karat menjual hampir segala macam produk peti kepada siapa saja yang mampu membeli. Hal ini mengakibatkan terjadinya permasalahan besar dalam perencanaan produksi dan distribusi hingga pada pembelian bahan baku. Dan selanjutnya, kemampulabaan
perusahaan juga mengalami gangguan yang serius. Pada akhirnya, tenaga penjual tersebut diperintahkan untuk berkonsentrasi pada produk jenis tertentu dan pada industri pengguna tertentu. Keputusan ini berdampak pada terjadinya skala ekonomis di seluruh organisasi.


Meningkatkan Produktivitas Tenaga Penjualan
Kotak 7 dan 8 mendapatkan suatu strategi alternatif untuk menetapkan apakah persaingan dapat diatasi. Jika pendekatan alternatif gagal, tingkat kontak yang lebih rendah mungkin sudah mencukupi. Kotak 9 adalah kotak yang “tak perlu dipikirkan”.

Kotak 3 dan 6 mendapatkan perhatian minimal sejalan dengan sasaran yang Anda tetapkan saja. Tidak ada satu pun hal di atas yang dimaksudkan untuk memberikan aturan yang jelas tentang frekuensi kontak konsumen, yang selalu merupakan suatu pertimbangan manajemen semata.

Tujuan utama dari arsiran pada kotak adalah untuk mengemukakan pertanyaan tentang asumsi dari frekuensi hubungan dengan pelanggan lama maupun yang potensial, untuk mengetahui apakah Anda menggunakan waktu yang sangat berharga yang sebenarnya akan lebih produktif jika digunakan untuk hal yang lain atau tidak.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment