Pin It

Pengertian Kemandirian Belajar

Posted by Budi Wahyono on Sunday, November 4, 2012

Kemandirian belajar sering dikenal dengan istilah Self Regulated Learning (SRL). SRL merupakan upaya memperdalam dan memanipulasi jariangan asosiatif dalam suatu bidang tertentu, dan memantau serta meningkatkan proses pendalaman yang bersangkutan (Kerlin, 1992). Definisi tersebut menunjukkan bahwa kemandirian belajar merupakan proses perancangan dan pemantauan diri yang seksama terhadap proses kognitif dan afektif dalam menyelesaikan suatu tugas akademik.

Schunk dan Zimmerman (1998) mendefinisikan SRL sebagai proses belajar yang terjadi karena pengaruh dari pemikiran, perasaan, strategi, dan perilaku sendiri yang berorientasi pada pencapaian tujuan.  Terdapat tiga fase utama dalam siklus SRL, yaitu: merancang belajar, memantau kemajuan belajar selama menerapakan rancangan dan mengevaluasi hasil belajar secara lengkap. Selanjutnya Schunk dan Zimmerman (1998) merinci kegiatan yang berlangsung pada tiap fase SRL sebagai berikut:
  1. Pada fase merancang belajar berlangsung kegiatan menganalisis tugas belajar, menetapkan tujuan belajar dan merancang strategi belajar.  
  2. Pada fase memantau berlangsung kegiatan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri.  
  3. Pada fase mengevaluasi memuat kegiatan memeriksa bagaimana jalannya strategi.
SRL mempunyai beberapa karakteristik, Paris dan Winograd (2000) mengemukakan karakteristik dalam SRL adalah kesadaran akan berfikir, penggunaan strategi dan motivasi yang berkelanjutan. SRL tidak hanya berfikir tentang berfikir, namun membantu individu menggunakan berfikirnya dalam menyusun rancangan, memilih strategi belajar dan menginterpretasi penampilannya sehingga individu dapat menyelesaikan masalahnya secara efektif. Pemikir yang strategik tidak hanya mengetahui strategi dan penggunannya, tetapi lebih dari itu mereka dapat membedakan masalah yang produktif dan yang tidak produktif, mereka mempertimbangkan terlebih dahulu berbagai pilihan sebelum memilih solusi atau strategi.

Baca Juga Artikel ini:

Tulis Komentar: