Monday, November 19, 2012

Pemikiran Ekonomi Islam: Periode Kontemporer (Masa Kebangkitan Kembali Intelektualitas di Dunia Islam)

By
Melacak Missing Link Sejarah Pemikiran Ekonomi 
Scumpeter mengatakan bahwa terdapat great gap dalam sejarah pemikiran ekonomi selam lebih dari 500 tahun, yang disebut Dark  Ages.pada masa kegelapan tersebut, Barat dalam keadaan terbelakang. Spiegel menganggap pada masa dark age tidak terdapat karya pemikiran, dari Bibel (1M) kemudian setelah itu meloncat lebih dari 1000 tahun langsung pada masa pemikiran Scholastic.

Pada masa berikutnya yaitu abad 16 M, sejarah mencatat praktik perekonomian merkantilisme dan Phsiokrat. Benarkah dunia mengalami stagnasi dalam pemikiran masa dark age? Sebenarnya pada sebagian besar masa dark age itu justru merupakan masa kegemilangan dunia Islam. Bahakan pemikiran para sarjana Muslim tersebut banyak memengaruhi pemikiran para sarjana Barat.

Jadi, sebenarnya terdapat 2 missing link dalam sejarah pemikiran ekonomi, yaitu great gap pada masa dark age dan kaitan antara pemikiran Barat dan dunia Islam.
Pemikiran Ekonomi dari Timur ke Barat
Pemikiran sarajan muslim banyak yang mirip bahkan sama dengan pemikiran ekonom Barat yang datangnya beratus-ratus tahun kemudian. Terjadi 2 kebetulan yang sama. Sarjana muslim dan barat mempunyai pemikiran ide yang sama. Pemikir barat secara langsung/tidak langsung sangat dipengaruhi oleh pemikir muslim. Pemikir barat melakukan plagiasi terhadap karya sarjana muslim. 

Jika kemungkina pertama, ini mengindikasikan betapa cemelang dan briliaan sarjana muslim yang jauh mendahului pemikir barat.ketika dunia barat masih dalam kebodohan dan dark age, sarjana muslim berhasil merumuskan pemikiran ekonomi yang baru ditulis oleh ekonom barat beratus-ratus tahun kemudian.

Dunia ilmu pengetahuan masyarakat muslim mendapat pengaruh dari dunia luar dan sebaliknya, juga mempunyai pengaruh yang luar biasa terhadap dunia luar, termasuk Eropa. Ilmu Islam tersebut mencapai Eropa melalui beberapa saluran.
  1. Melalui mahasiswa Eropa yang belajar di Universitas Spanyol dan Timur Tengah. 
  2. Melalui terjemahan karya muslim ke dalam bahasa Inggris
  3. Melalui Andalusia yang mengalami perkembangan pesat. 
  4. Melalui sisilia yang sebelumnya dikuasai Romawi 
  5. Melalui Perang Salib 
  6. Melalui perdagangan antar Barat dan Timur
Pendirian universitas di Eropa harus mendapat izin dari Paus terlebih dahulu karena untuk menjaga agar pelajaran tidak menyimpang dari kemurnian ilmu dari sarjana muslim. Saat itu Baghdad memiliki Universitas Mustansiriyah yang sangat dibanggakan umat islam karena amat lengkap fasilitasnya.

Dengan mempertimbangkan fakta di atas, maka sangat mungkin kalau ekonom barat dipengaruhi bahkan menjiplak karya umat muslim. Ini diperkuat oleh praktik ekonomi islam misalnya: syirkah (serikat dagang), suftaja (bill of exchange), hawala (letter of credit). Mauna (private bank) di barat dikenal sebgaia maona didirikan untuk membiayai usaha eksploitasi tambang besi dan perdagangan besi.

Lihat Juga:
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment