Wednesday, October 2, 2013

Tahapan Lesson Study

By
Menurut Syamsuri dan Ibrohim (2011) bahwa terdapat tiga Tahapan Lesson Study, yaitu plan, do dan see.

Tahap Perencanaan (Plan)
Pada tahap perencanaan peserta memilih salah seorang peserta menjadi moderator. Moderator harus mengikuti seluruh proses Studi Pembelajaran yaitu melalui tahapan plan, do, see. Dalam proses perencanaan para guru hendaknya mengkaji hal-hal sebagai berikut.

1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang di dalamnya bisa di cermati Kompetensi Dasar dan standar kompetensi.

2. Menentukan materi pembelajaran yang akan disajikan. Biasanya materi yang dipilih untuk dijadikan topik dalam Studi Pembelajaran adalah sebagai berikut.
  • Materi yang sulit bagi siswa, diharapkan dengan pembelajaran model Lesson  Study menjadi lebih mudah, karena adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok. 
  • Materi yang sulit bagi guru, kesulitan yang dihadapi guru akan terpecahkan, karena dalam pembelajaran Lesson  Study guru bisa saling bertukar pikiran, saling mengamati terkait proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru model secara kolaborasi dengan para observer. 
  • Materi baru dalam kurikulum, dengan materi baru setidaknya membuat para guru belum sepenuhnya menguasai materi bahan ajar, sehingga dengan kolaborasi dengan para observer bisa memecahkan masalah secara bersama-sama.
3. Metode pembelajaran yang efektif, metode pembelajaran yang dipakai harus bisa menyesuaikan dengan materi yang diajarkan, karena tidak semua metode pembelajaran tepat untuk semua materi pelajaran.

4. Memerlukan media pembelajaran yang efektif, media pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi lingkungannya masing-masing, dan media pembelajaran yang efektif tidak harus mahal. Media pembelajaran hendaknya dapat memberikan informasi pembelajaran dengan jelas sehingga siswa akan cepat memahami apa yang dipelajarinya.

5. Menyusun indikator, dengan menyusun indikator yang berasal dari kompetensi dasar maka tujuan pembelajaran akan tercapai. Karena indikator akan memberikan rincian materi lebih jelas dan spesifik.

6. Menentukan metode yang sesuai, metode pembelajaran yang dipakai dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan materi yang diajarkan. Dengan metode pembelajaran hendaknya mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif dan menyenangkan.

7. Menentukan urutan proses pembelajaran (skenario pembelajaran), proses pembelajaran yang dilakukan berdasarkan pada tahapan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penunjukan guru model setelah kegiatan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) selesai. Hasil rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan hasil kerja bersama dan dilaksanakan oleh guru model.

Tahap Pelaksanaan (Do)
Setelah kegiatan perencanaan matang dan kegiatan pelaksanaan di mulai maka para observer bisa mengadakan observasi pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru model. Hal yang diharapkan adalah bagaimana bisa membuat siswa menjadi aktif, kreatif dan mau belajar.

Pada pelaksanaan pembelajaran, guru model harus mematuhi apa yang telah direncanakan dalam skenario pembelajaran, walaupun pada saat pembelajaran boleh menyimpang dari skenario pembelajaran demi berhasilnya proses pembelajaran. Dimana kondisi yang direncanakan tidak sesuai dengan kejadian pada saat pelaksanaan proses pembelajaran. Apabila dalam kondisi tersebut, guru model harus tanggap untuk merubah situasi pembelajaran agar berhasil.

Tahap Refleksi (See)
Merefleksikan pembelajaran dan merencanakan tahap-tahap selanjutnya. Pada tahap ini anggota kelompok diharapkan berpikir tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Kegiatan refleksi dilakukan dalam bentuk diskusi, yang dipimpin oleh seorang moderator.

Kegiatan refleksi ini dilakukan setelah proses pembelajaran selesai. Dengan anggapan para pengamat akan melakukan refleksi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Refleksi harus dilakukan pada saat itu juga, untuk menghindari kejadian yang akan mempengaruhi hasil observasi.

Kegiatan yang dilakukan dalam Lesson  Study dapat dilihat pada bagan  berikut ini.

Tahapan Lesson  Study

Sumber:
Basuki. 2013. Implementasi Lesson Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Menanamkan Kemandirian dan Sikap Kewirausahaan Siswa SMA di Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Pascasarjana UNS.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment