Saturday, October 12, 2013

Human Capital dan Teknologi Modern, Mana yang Lebih Penting dalam Perekonomian?

By
Aktivitas ekonomi yang mempunyai kinerja dan produktivitas tinggi tentu dalam prosesnya terjadi perpaduan yang sinergis antara ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Human capital (modal manusia / SDM) memiliki peranan yang lebih nyata bahkan penting daripada faktor teknologi.

Mutu human capital antara lain adalah derajat kesehatan dan pendidikan. Melalui pendidikan manusia dianggap akan memperoleh pengetahuan dan dengan pengetahuan manusia akan lebih berkualitas.

Berdasarkan pemahaman tersebut muncul beberapa teori yang menjelaskan hubungan pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi diantaranya teori modal manusia, teori alokasi dan teori reproduksi strata sosial.

Namun, pada tahun 1970-an teori ini mendapat kritikan tajam bahwa tingkat pendidikan tidak selalu sesuai dengan kualitas pekerjaan, sehingga orang yang berpendidikan tinggi ataupun rendah tidak berbeda produktivitasnya dalam menangani sebuah pekerjaan yang sama.

Sehingga dapat dikatakan bahwa pengetahuan lah yang merupakan kunci sukses kemajuan ekonomi, sedangkan pendidikan merupakan cara bagaimana menggali, memperoleh, dan menggunakan ilmu pengetahuaan.

Pengetahuan merupakan kunci sukses kemajuan ekonomi, artinya tanpa pengetahuan semua bentuk modal tidak ada artinya, pengetahuan dapat memberikan kehidupan dan makna bagi semua bentuk modal sehingga bernilai dan berguna bagi manusia.

Pengetahuan dapat dibagi 2 yaitu pengetahuan individual dan subjektif (tacit knowledge) dan pengetahuan organisasi (explicit knowledge). Kedua jenis pengetahuan tersebut bersifat saling melengkapi dan dinamika interaksi kedua bentuk pengetahuan tersebut akan menghasilkan inovasi yang berlanjut menjadi organizational knowledge.

Human Capital dan Teknologi Modern, Mana yang Lebih Penting?

Dalam perspektif manajemen modern keberhasilan perusahaan menghadapi persaingan lebih bergantung pada strategi manajemen pengetahuan daripada strategi alokasi asset fisik dan keuangan. Peran asset nir fisik atau sumber daya unik dan sulit ditiru oleh perusahaan lain dalam meningkatkan daya saing semakin penting dan menentukan.

Alur ilmu pengetahuan bertalian erat dengan proses inovasi. Menurut OECD ada 4 bentuk alur pengetahuan yaitu:
  1. Interaksi diantara perusahaan melalui aktivitas kerjasama riset
  2.  Kerjasama universitas dan institusi riset publik 
  3. Difusi knowlwdge dan teknologi 
  4. Mobilitas personil
Inovasi bulanlah berdiri sendiri tetapi akan tumbuh dan berkembang berkelanjutan jika ditopang dan mengakar dirinya pada kekuatan mutu nir fisik diantaranya modal sosial, modal intelektual dan modal spiritual.

Kesimpulannya, meskipun memang human capital dipandang lebih penting daripada modal fisik seperti teknologi modern dan sebagainya. Namun, dalam praktiknya kedua jenis capital tersebut harus bisa bersinergi, bekerja sama untuk meningkatkan perekonomian.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment