Saturday, October 26, 2013

Tabel dan Kurva Permintaan

By
Artikel Tabel dan Kurva Permintaan ini merupakan lanjutan dari artikel Pengertian Permintaan. Untuk membahas lebih dalam tentang Permintaan, maka artikel ini dibuat sebagai pelengkap  artikel 'Pengertian Permintaan' tersebut.

Untuk lebih memahami konsep Permintaan, maka selain mempelajari pengertian permintaan, kita juga harus mempelajari Tabel dan Kurva Permintaan.

Merupakan tabel yang menunjukkan berapa banyak produk yang dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. Tabel permintaan ini merupakan dasar atau panduan untuk membuat Kurva Permintaan.

Berikut kami berikan contoh tabel permintaan untuk produk es krim. Tabel tersebut di bawah menunjukkan berbagai kombinasi jumlah es krim yang dibeli konsumen pada berbagai tingkat harga

Tabel dan Kurva Permintaan
Tabel Permintaan
Pada tabel tersebut dapat dilihat bahwa ketika harga es krim $0.00; jumlah es krim yang dibeli konsumen adalah 12. Namun, ketika harga es krim meningkat menjadi $0.50; jumlah es krim yang dibeli konsumen turun menjadi 10, dan seterusnya hingga harga es krim $3.00 dan jumlah es krim yang dibeli konsumen 0.

Merupakan kurva yang menunjukkan berapa banyak produk yang dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. Kurva permintaan membentuk slope negatif dari kiri atas ke kanan bawah.

Mengapa Kurva Permintaan membentuk Slope Negatif???
Kurva permintaan membentuk slope negatif karena sesuai dengan Hukum Permintaan yaitu bahwa harga produk berbanding terbalik dengan jumlah produk yang dibeli konsumen. Sebagaimana terlihat dalam tabel permintaan di atas, ketika harga es krim naik, jumlah es krim yang dibeli konsumen turun.

Apabila tabel permintaan tersebut digambarkan dalam sebuah kurva, maka akan membentuk kurva permintaan sebagai berikut:

Tabel dan Kurva Permintaan
Kurva Permintaan
Kondisi-kondisi tersebut berlaku dengan syarat “Cateris Paribus” atau apabila kondisi hal-hal yang lain tetap sama (all other things being equal).
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment