Tuesday, October 8, 2013

Perilaku Konsumen

By
Pemahaman tentang Perilaku Konsumen sangat diperlukan oleh perusahaan khususnya manajer pemasaran dalam upaya meningkatkan daya saing. Pemahaman ini diperlukan karena sasaran utama dari persahaan adalah konsumen.

Setiap perusahaan berusaha bagaimana membangun kepuasan konsumen atas barang dan jasa yang diproduksinya. Pada akhirnya, harapan perusahaan adalah tercipta loyalitas konsumen atas produk tersebut.

Lalu, apa yang dimaksud dengan Perilaku Konsumen??
Ali Hasan (2008) rnengemukakan bahwa:
Perilaku konsumen merupakan respon psikologis yang kompleks, yang muncul dalam bentuk perilaku-tindakan yang khas secara perseorangan yang langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan produk, serta menentukan proses pengambilan keputusan dalam melakukan pembelian produk, termasuk dalam melakukan pembelian ulang.
Menurut Kotler (2004) dalam memahami perilaku konsumen para manajer harus semakin tergantung pada riset konsumen untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kunci berikut tentang setiap pasar yaitu:

1. Siapa yang membentuk pasar
Dalam pasar, konsumen terdiri dari seluruh individu dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk keperluan pribadi konsumen.

2. Apa yang dibeli pasar
Pasar konsumen adalah pasar untuk barang dan jasa yang dibeli atau disewakan individu-individu dan rumah tangga untuk digunakan sendiri.

3. Mengapa pasar membeli
Konsumen membeli sesuatu karena ingin memuaskan kebutuhan dan keinginannya. Timbulnya keinginan dan kebutuhan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor sosial, faktor ekonomi, faktor psikologi, dan sebagainya.

Perilaku Konsumen

4. Siapa yang ikut serta dalam pembelian
Salah satu tugas pokok bagian pemasaran adalah menentukan siapa yang mengambil keputusan untuk membeli barang dan jasa. Meskipun ada yang ikut serta dalam pembelian seperti:
  • Initiator yaitu orang yang pertama kali mempunyai ide untuk membeli suatu produk.
  • Influencer yaitu orang yang mempengaruhi keputusan dalam pembelian. 
  • Decide yaitu orang yang menentukan sebagian atau keseluruhan dari keputusan membeli, apa yang dibeli, bagaimana membelinya, dan dimana membelinya. 
  • Purchaser yaitu orang yang melaksanakan pembelian. 
  • User yaitu orang yang memakai atau mengkonsumsi barang dan jasa yang dibeli.
5. Bagaimana pasar membeli
Bagi konsumen pembelian bukanlah hanya merupakan suatu tindakan saja, melainkan terdiri dari beberapa tindakan yang meliputi keputusan tentang jenis produk, merk, bentuk, jumlah, penjual, waktu pembelian, dan sebagainya.

6. Kapan pasar membeli
Waktu pembelian yang dilakukan konsumen dapat dianalisa berdasarkan beberapa faktor seperti frekuensi pembelian suatu produk yang tergantung dari tingkat pemakaian produk tersebut.

Tingkat pemakaian produk dapat dibedakan atas pemakaian berat, medium, dan ringan. Tingkat pembelian yang dipegaruhi faktor musiman dan keadaan ekonomi.

7. Di mana pasar membeli
Konsumen dalam pembelian juga akan menentukan dimana akan membeli barang tersebut. Pemilihan tempat untuk membeli barang dapat dipengaruhi oleh lokasi toko, harga, kelengkapan barang.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment