Sunday, October 27, 2013

Tabel dan Kurva Penawaran

By
Artikel kemarin membahas tentang Tabel dan Kurva Permintaan, nah…untuk kali ini akan dibahas pasangan dari artikel tersebut, yaitu Tabel dan Kurva Penawaran.

Pembahasan dalam artikel ini diharapkan dapat lebih memahamkan pembaca tentang konsep penawaran yang telah dibahas dalam artikel Pengertian Permintaan dan Penawaran.

Tabel penawaran merupakan tabel yang menunjukkan berapa banyak produk yang akan ditawarkan oleh produsen pada tingkat harga tertentu.

Tabel penawaran ini merupakan dasar atau panduan untuk membuat Kurva Penawaran.

Berikut diberikan contoh tabel penawaran untuk produk es krim. Tabel tersebut di bawah menunjukkan berbagai kombinasi jumlah es krim yang akan ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga.

Tabel dan Kurva Penawaran
Tabel Penawaran
Pada tabel tersebut dapat dilihat bahwa ketika harga es krim $0.50; jumlah es krim yang akan ditawarkan produsen adalah 0. Namun, ketika harga es krim meningkat menjadi $1.00; jumlah es krim yang akan ditawarkan produsen naik menjadi 1, dan seterusnya hingga harga es krim $3.00 dan jumlah es krim yang akan ditawarkan produsen 5.

Merupakan grafik yang mengilustrasikan berapa banyak produk yang akan  ditawarkan oleh produsen pada tingkat harga tertentu. Kurva penawaran membentuk slope positif dari kiri bawah ke kanan atas.

Mengapa Kurva Penawaran membentuk Slope Positif???
Kurva penawaran membentuk slope positif karena sesuai dengan Hukum Penawaran yaitu bahwa harga produk berbanding lurus dengan jumlah produk yang akan ditawarkan produsen. Sebagaimana terlihat dalam tabel penawaran di atas, ketika harga es krim naik, jumlah es krim yang akan ditawarkan produsen juga naik.

Apabila tabel penawaran tersebut digambarkan dalam sebuah kurva, maka akan membentuk kurva penawaran sebagai berikut:

Tabel dan Kurva Penawaran
Kurva Penawaran
Kondisi-kondisi tersebut berlaku dengan syarat “Cateris Paribus” atau apabila kondisi hal-hal yang lain tetap sama (all other things being equal).
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment