Friday, September 27, 2013

Kegiatan belajar di Unit Produksi

By
Pelaksanaan kegiatan di unit produksi merupakan salah satu aktivitas belajar dalam menghadapi situasi yang sesungguhnya di industri yaitu mulai dari mencari dan menerima pesanan hingga sampai memasarkan produk atau jasa.

Proses belajar mengajar di sekolah kejuruan untuk menghasilkan lulusan berkualitas diperlukan kondisi lingkungan belajar yang sesuai dengan konteks dan budaya industri.

Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan belajar yang dilakukan siswa di unit produksi sekolah harus disesuaikan dengan kondisi DU/DI (Dunia Usaha & Dunia Industri) yang nantinya akan ditempati oleh siswa tersebut.

Dengan demikian pada akhirnya nanti siswa akan siap untuk terjun ke dalam dunia industri dengan pengalaman kerja yang up to date dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh industri tersebut.

Kegiatan belajar mengajar yang demikian menempatkan siswa, guru, sarana dan prasarana belajar menjadi satu kesatuan dalam bentuk kemampuan kognitif, psikomotorik (keterampilan) dan afektif.

1. Kemampuan kognitif siswa terbentuk dari pengembangan teori yang sudah diterima sebelumnya.

2. Kemampuan psikomotorik meningkat dan terarah, karena siswa melakukan pekerjaan secara langsung.

3. Sedangkan kemampuan afektif meningkat karena siswa belajar menghadapi lingkungan dan organisasi kerja seperti di industri yaitu dalam interaksi sesama teman sekerja, pimpinan kerja dan lingkungan kerja.

Kegiatan belajar di Unit Produksi
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment