Friday, September 20, 2013

Manfaat Lesson Study

By
Menurut Widhiartama (2008: 17) bahwa Manfaat Lesson Study adalah sebagai berikut.

1. Lesson  Study Memicu Munculnya Motivasi Untuk Mengembangkan Diri
Lesson Study menciptakan sebuah kondisi dimana seorang pendidik harus menghadapi perkembangan di luar lingkungannya. Guru dalam kegiatannya senantiasa merasa kurang, sehingga akan berusaha bagaimana meningkatkan kompetensi diri dan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran.

2. Lesson  Study Melatih Pendidik Melihat Peserta Didik
Dengan Lesson Study para pendidik memiliki kesempatan untuk mengamati peserta didik walaupun dengan meminjam mata dari para observer. Melalui para observer akan diketahui mana siswa yang aktif mana yang tidak aktif. Melalui motivasi yang dilakukan oleh guru model siswa akan melakukan perubahan karena akan diamati oleh observer.

3. Lesson  Study Menjadikan Penelitian Sebagai Bagian Integral Pendidikan
Aktivitas Lesson Study dapat dianggap sebagai sebuah kegiatan mengumpulkan data untuk menjawab permasalahan yang merupakan hakekat dari sebuah penelitian.

4. Lesson  Study Membantu Penyebaran Inovasi dan Pendekatan Baru
Setelah berhasil menyelesaikan serangkaian masalah sangat disarankan untuk para pendidik menyebarkan segala hasil yang mereka dapatkan pada rekan-rekan sesama pendidik maupun kalayak umum. Lesson Study merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Manfaat Lesson Study

5. Lesson  Study Menempatkan Para Pendidik Pada Posisi Terhormat
Dengan Lesson Study pendidik tidak lagi sekedar dianggap sebagai alat untuk mencapai target angka tertentu seperti yang terjadi saat ini. Pendidik ditempatkan sebagai seorang yang mampu untuk mengajar, meneliti, mencari solusi, dan membantu orang lain dalam memecahkan berbagai permasalahan.

Sumber:
Basuki. 2013. Implementasi Lesson Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Menanamkan Kemandirian dan Sikap Kewirausahaan Siswa SMA di Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Pascasarjana UNS.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment