Thursday, September 26, 2013

Jenis Perilaku Pembelian

By
Jenis Perilaku Pembelian oleh konsumen bermacam-macam, mulai dari yang kompleks hingga yang hanya untuk mencari informasi. Berikut ini disampaikan sedikit penjelasan mengenai Jenis Perilaku Pembelian tersebut:

1. Perilaku Pembelian Kompleks
Para konsumen mempunyai perilaku pembelian kompleks ketika mereka terlibat dalam pembelian produk yang mahal, jarang dibeli, berisiko, mempunyai ekspresi pribadi yang tinggi dan menyadari adanya perbedaan nyata antara berbagai merek.

Pemasar perlu mengembangkan strategi-strategi yang membantu pembeli dalam mempelajari atribut produk, kedudukan merek perusahaan yang tinggi, menjelaskan manfaat merek tersebut, keistimewaan produk dan memotivasi personil penjual serta kenalan pembeli untuk mempengaruhi pilihan mereka.

2. Perilaku Pembelian Untuk Kebiasaan
Dalam jenis ini, keterlibatan konsumen rendah dan tidak ada perbedaan merek yang signifikan. Maksud dari pernyataan "tidak ada perbedaan merek" adalah bahwa konsumen tidak terlalu memikirkan atau membanding-bandingkan merek produk satu dengan merek produk lainnya.

3. Perilaku Pembelian yang Mengurangi Ketidaksesuaian
Konsumen sangat terlibat dalam pembelian tetapi tidak melihat banyak perbedaan dalam merek.

Jenis Perilaku Pembelian

4. Perilaku Pembelian yang Mencari Informasi
Keterlibatan konsumen yang rendah tetapi perbedaan merek bersifat nyata. Konsumen banyak melakukan peralihan merek dengan alasan variasi dan bukan karena ketidakpuasan.

Sumber:
Rohmat Sholahudin. 2013. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ades Jurusan PIPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Tahun 2013. Skripsi. FKIP UNS.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment