Saturday, September 7, 2013

Pengertian Lesson Study

By
Lesson Study merupakan terjemahan dari bahasa Jepang jugyou yang berarti pelajaran dan kenkyuu yang berarti riset. Lesson Study, yang dalam bahasa Jepangnya jugyou kenkyuu adalah sebuah pendekatan untuk melakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran di Jepang.

Perbaikan pembelajaran tersebut dilakukan melalui proses-proses kolaborasi antar para guru. Menurut Dirjen PMPTK (Saiful Anam, 2009: 83) bahwa pengamatan Open Lesson oleh orang tua siswa pada kegiatan Lesson  Study di kelas maupun di sekolah menunjukkan adanya dampak positif bagi masyarakat terutama mereka yang concern terhadap pendidikan.

Syamsuri dan Ibrohim (2011: 19) bahwa Studi Pembelajaran adalah suatu kegiatan pengkajian bagaimana merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran di kelas nyata dan selanjutnya melakukan diskusi refleksi untuk mendapatkan umpan balik dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran berikutnya.

Lesson  Study adalah model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Thobroni, 2011: 316).

Lesson Study merupakan pendekatan yang komprehensif menuju pembelajaran yang profesional serta menopang guru menjadi pembelajar sepanjang hayat dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Pengertian Lesson Study

Lesson Study bukan merupakan suatu metode atau strategi pebelajaran, tetapi kegiatan Lesson Study dapat menerapkan berbagai metode atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi guru.

Lesson Study membuat guru menjadi lebih terbuka menerima masukan dan saran guna perbaikan proses pembelajaran. Melalui Lesson  Study guru akan terbantu mengembangkan pemikiran kritis tentang kegiatan pembelajaran di kelas, merancang rencana program pembelajaran (RPP) yang berkualitas dengan guru serumpun, mengobservasi siswa berpikir dan belajar serta melakukan tindakan refleksi yang dilakukan secara berkelanjutan sampai tujuan tercapai.

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa Lesson Study adalah kegiatan pengkajian pembelajaran yang dilakukan secara bertahap meliputi plan, do, see yang dilakukan secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Sumber:
Basuki. 2013. Implementasi Lesson Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Menanamkan Kemandirian dan Sikap Kewirausahaan Siswa SMA di Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Pascasarjana UNS.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment