Tuesday, September 17, 2013

Perbedaan Pemasaran Konvensional dengan Green Marketing

By
Rajeshkumar (2012) menjelaskan tentang perbedaan antara green marketing dengan pemasaran konvensional dilihat dari elemennya adalah sebagai berikut:

Produk
Produk diklasifikasikan berdasarkan berbagai produk, kualitas, desain, fitur, merek, kemasan, ukuran, layanan, jaminan, pengembalian. Namun dalam pemasaran hijau:
  1. Produk ini terbuat dari bahan daur ulang, produk yang dapat didaur ulang dan digunakan kembali. 
  2. Proses efisien akan menghemat air, energi atau bensin, menghemat uang dan mengurangi dampak lingkungan. 
  3. Produk dengan kemasan yang ramah lingkungan.
Harga
Harga diklasifikasikan berdasarkan daftar harga, diskon, tunjangan, periode pembayaran, persyaratan kredit. Harga dalam green marketing adalah sebagian besar konsumen siap untuk membayar produk dengan harga premium.

Tempat
Tempat diklasifikasikan berdasarkan saluran, cakupan, aneka, lokasi, persediaan, dan transportasi. Dalam pemasaran hijau praktek berubah sehubungan dengan distribusi produk yaitu tanpa menimbulkan efek negatif pada lingkungan.

Promosi
Dalam promosi diklasifikasikan adalah promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, humas, pemasaran langsung. Dalam praktek pemasaran hijau, iklan produk tersebut tidak mempengaruhi lingkungan dan lebih mengutamakan menggunakan iklan media elektronik daripada iklan dengan menggunakan media cetak.

Untuk memudahkan dalam memahami perbedaan pemasaran konvensional dengan green marketing, kami tampilkan dalam sebuah tabel berikut ini:

Tabel 1. Perbedaan Pemasaran Konvensional dan Green Marketing
Elemen Marketing Mix
Pemasaran Konvensional
Green Marketing
Produk
Product variety, Quality
Design, Features, Brand name, Packaging, Sizes, Services, Warranties, Returns
Kemasan produk harus dapat didaur ulang, menggunakan sumber daya seefisien mungkin, mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan
Harga
List price, Discounts, Allowances, Payment period, Credit terms
Harga premium
Saluran distribusi
Channels, Coverage, Assortments, Locations, Inventory, Transport
Mengubah sistem transportasi menjadi lebih ramah lingkungan
Promosi
Sales promotions, Advertising, Sales force, Public relations, Direct marketing
Prosmosi tidak boleh memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan mengubah promosi melalui media cetak menjadi media elektronik. 

Sumber:
Rohmat Sholahudin. 2013. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ades Jurusan PIPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Tahun 2013. Skripsi. FKIP UNS.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment