Friday, September 13, 2013

Ciri-ciri Lesson Study

By
Thobroni (2011: 320) mengemukakan Ciri-ciri Lesson Study adalah sebagai berikut.

Tujuan Bersama Untuk Jangka Panjang
Lesson  Study didahului adanya kesepakatan dari para guru tentang tujuan bersama yang ingin ditingkatkan dalam kurun waktu jangka panjang dengan cakupan tujuan yang lebih luas.

Misalnya tentang pengembangan kemampuan akademik siswa, pengembangan kemampuan individual siswa, pengembangan kemampuan individual siswa, pemenuhan kebutuhan belajar siswa, pengembangan pembelajaran yang menyenangkan. Kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan dalam waktu tak terbatas, selama guru ingin meningkatkan profesionalitas dan kualitas pembelajaran.

Materi Pelajaran yang Penting
Lesson  Study memfokuskan pada materi atau bahan pelajaran yang dianggap penting dan menjadi titik lemah dalam pembelajaran siswa serta sangat sulit untuk dipelajari siswa.

Pembelajaran akan lebih mudah dipahami siswa manakala melibatkan banyak observer sehingga akan diketahui mana yang menjadi masalah bagi siswa.

Studi Tentang Siswa Secara Cermat
Fokus yang paling utama dari Lesson  Study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa. Misalnya, apakah siswa menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Ciri-ciri Lesson Study

Observasi Pembelajaran Secara Langsung
Observasi langsung boleh dikatakan merupakan jantungnya Lesson  Study. Dengan melakukan pengamatan langsung data yang diperoleh tentang proses pembelajaran akan jauh lebih akurat dan utuh, bahkan sampai hal-hal yang detail sekalipun dapat digali. Penggunaan videotape atau rekaman bisa saja digunakan hanya sebatas pelengkap dan bukan sebagai pengganti.

Kegiatan Lesson Study tidak hanya menekankan pada kognitif siswa saja melainkan proses pembelajaran  sehingga diharapkan kalau proses sudah berjalan baik maka hasil pembelajaran akan selalu menyertai.

Sumber:
Basuki. 2013. Implementasi Lesson Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Menanamkan Kemandirian dan Sikap Kewirausahaan Siswa SMA di Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Pascasarjana UNS.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment