Wednesday, May 22, 2013

Rencana Strategis di Universitas

By
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan di Indonesia diupayakan untuk terus berkembang. Perkembangan diharapkan terjadi pada semua tingkatan pendidikan, tidak terkecuali di tingkat perguruan tinggi.

Banyak upaya telah dilakukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan terhadap pendidikan di Indonesia, baik oleh pemerintah maupun oleh swasta. Upaya-upaya yang dilakukan mencakup banyak aspek seperti pengembangan struktur kurikulum, pengembangan sumber daya manusia serta pengembangan organisasi oleh lembaga pendidikan.

Pemerintah berupaya mengembangakan pendidikan di Indonesia melalui kebijakan-kebijakan yang terkait dengan pendidikan. Kebijakan-kebijakan tersebut selanjutnya dilaksanakan oleh lembaga-lembaga pendidikan yang ada.

Sementara itu, sektor swasta memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan melalui investasi-investasi dalam pembangunan lembaga pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan baik pendidikan formal maupun nonformal.

Pelaksanaan pengembangan lembaga oleh lembaga pendidikan ditentukan oleh kemampuan lembaga pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikannya. Sebagai sebuah organisasi, lembaga pendidikan juga memasukkan unsur manajerial ke dalam pengelolaannya, terlebih lembaga pendidikan yang dibangun oleh sektor swasta.

Sistem manajerial digunakan oleh lembaga pendidikan untuk mengelola seluruh komponen yang ada dalam lembaga pendidikan tersebut. Pemberlakuan sistem manajerial menuntuk setiap organisasi untuk memiliki rencana strategis.
Perencanaan strategis merupakan suatu proses untuk menguji situasi sebuah organisasi atau komunitas pada saat ini dan memproyeksikannya ke masa depan, merumuskan tujuan-tujuan, mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, dan mengukur hasilnya, serta lebih meningkatkan sejumlah tahapan yang mendasar (Osborne dan Gaebler, 2000).
Rencana strategis bermanfaat sebagai acuan pelaksanaan program pengembangan organisasi dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan dari sebuah organisasi. Membuat perencanaan strategis dapat menghilangkan kemungkinan salah besar dalam bertindak dan menghilangkan kejutan yang mungkin timbul dalam operasional. Perencanaan strategis sangat baik untuk usaha yang membutuhkan waktu lama antara keputusan dan dampaknya dalam proses pelaksanaanya.

Universitas A merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi di Salatiga. Universitas ini telah berdiri lebih dari 50 tahun yang lalu dan saat ini telah banyak berkembang. Perkembangan ini dapat dilihat dari jumlah program studi yang pada awal pembukaannya hanya berjumlah 5 program studi, saat ini telah bertambah menjadi lebih dari 50 program studi.

Perkembangan universitas ini juga dapat dilihat dari pertambahan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun. Univeritas A telah mengalami pasang surut prestasi, namun terbukti bahwa Universitas A mampu bertahan dan menjaga eksistensinya dalam dunia pendidikan.

Universitas A mengalami masa kejayaan pada masa awal 1990-an sampai sempat mengalami kemunduran di masa krisis moneter 1998-1999. Bukan hanya karena dampak krisis moneter di Indonesia saat itu, namun konflik internal sempat menjadi batu sandungan bagi universitas ini untuk berkembang.

Namun, terbukti hingga saat ini, Universitas A masih berdiri teguh dan mulai menunjukkan eksistensinya dalam dunia pendidikan nasional sebagai sebuah perguruan tinggi yang patut diperhitungkan. Dengan demikian, diperlukan suatu upaya untuk dapat mancapai tujuan-tujuan tersebut dan upaya yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan menyusun rencana strategis untuk Universitas A agar dapat mencapai tujuan-tujuan seperti yang tampak dalam visi dan misinya.

B. Rumusan Masalah
Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang tergolong sebagai sebuah organiasi, Universitas A dikelola secara manajerial untuk mengakomodir seluruh komponen yang ada. Pengelolaan secara manajerial dilakukan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Selama ini, Universitas A telah menjalankan banyak program dan rencana strategis dalam rangka perwujudan visi dan misinya sebagai jabaran tujuannya. Program dan rencana strategis ini digunakan selain untuk mencapai tujuannya, juga digunakan untuk mengeksploitasi kekuatan internal, mengurangi dampak kelemahan eksternak dalam tangka menghadapi peluang dan ancaman yang muncul dari lingkungan eksternal.

Namun, saat ini seluruh tujuan yang terangkum dalam visi dan misi tersebut tampak belum tercapai secara maksimal. Oleh karena itu diperlukan sebuah analisis mendalam tentang bagaimana kondisi kekinian Universitas A untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan rencana strategis yang dapat dipakai Universitas A untuk mencapai visi misinya.

Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dalam artikel ini adalah sebagai berikut.
  1. Bagaimana kondisi terkini Universitas A? 
  2. Apa saja kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal yang ada dilingkungan Universitas A? 
  3. Bagaimana rencana strategis yang semestinya diterapkan Universitas A?
Dapatkan artikel lengkapnya dengan mengirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com (FREE!!!)
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment