Saturday, May 18, 2013

Kewirausahaan: Memasuki Pasar Global (Bagian 1)

By
Motivasi Untuk Masuk Pasar Global
Keuntungan, tentu saja merupakan salah satu alasan yang paling signifikan untuk memasuki pasar global. Keuntungan dipengaruhi secara negatif oleh biaya persiapan untuk masuk pasar global, estimasi yang terlalu rendah tentang biaya-biaya terkait, dan kerugian-kerugian akibat kesalahan.

Perbedaan antara hasil yang direncanakan dan hasil yang aktual mungkin cukup besar dalam usaha pertama untuk masuk pasar global. Hal ini biasanya sudah disadari oleh pengusaha. Namun, terdapat hal-hal lain yang lebih memicu motivasi pengusaha untuk memasuki pasar global.

Adapun motivasi tersebut adalah sebagai berikut:
  • Keuntungan
  • Tekanan kompetitif
  • Produk atau jasa yang unik
  • Kapasitas produksi yang berlebih
  • Penjualan di dalama negeri yang menurun
  • Kesempatan pasar yang unik
  • Skala ekonomis
  • Keunggulan dari segi teknologi
  • Keuntungan pajak
Efek-efek Strategis dengan Memasuki Pasar Global
Sementara menimbulkan beragam jenis lingkungan dan cara baru dalam berbisnis, masuk pasar global juga disertai sekumpulan masalah yang beragam dan luas, yang benar-benar baru. Kedekatan fisik dan psikologis pada pasar internasional mempengaruhi beberapa pengusaha global.

Kedekatan geografis pada pasar asing mungkin tidak selalu memberikan suatu kedekatan yang dirasakan oleh konsumen asing. Kadang kala variabel budaya, bahasa, dan faktor-faktor hukum dapat membuat sebuah pasar asing secara geografis dekat tampak jauh secara psikologis.

Pemilihan Pasar Pesaing
Dengan begitu banyaknya negara yang berospek, maslaah-masalah yang kritis untuk pengusaha global adalah pemilihan pasar asing dan strategi yang masuk. Pengusaha global harus selalu mengingat bahwa setiap titik data tidak membuat sebuah tren, jadi data yang berdasarkan kurang dari tiga periode harus diinterpretasikan secara  hati-hati.

Data yang dikumpulkan dan dianalisis untuk pemilihan pasar juga akan digunakan  dalam mengembangkan strategi masuk dan rencana pemasaran yang tepat. Sementara beberapa model pemilihan pasar tersedia, satu metode yang baik menggunakan sebuah pendekatan lima langkah.
  1. Mengembangkan indikator-indikator yang tepat 
  2. Mengumpulkan data dan mengubahnya ke dalam indikator-indikator yang dapat diperbandingkan
  3. Menetapkan bobot bagi setiap indikator 
  4. Menganalisis data
  5. Memilih pasar yang tepat dari peringkat pasar
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment