Tuesday, May 14, 2013

Keputusan Jangka Pendek Perusahaan Untuk Tutup

By
Tutup sementara adalah keputusan jangka pendek untuk tidak menghasilkan apa-apa selama jangka waktu tertentu karena kondisi paasar yang tidak menguntungkan. Secara matematik perusahaan tutup sementara dapat digambarkan sebagai berikut:
Menutup jika TR <VC
Menutup jika TR / Q <VC / Q
Menutup jika P <AVC
Perusahaan tutup sementara jika total pendapatan kurang dari biaya variabel, dengan membagi kedua pertidaksamaan dengan Q maka tutup sementara jika P < AVC.

Artinya perusahaan memlilih untuk tutup sementara jika harga barang tersebut lebih kecil daripada biaya variabel rata-rata.

Jika harganya tidak menutupi biaya variabel rata-rata perusahaan benar-benar berhenti memproduksi, perusahaan dapat kembali berproduksi dimasa depan jika kondisi-kondisi dipasar telah berubah, dimana harga melebihi biaya variabel rata-rata.

Sebuah perusahaan yang shutdown (tutup) mengacu pada keputusan jangka pendek untuk tidak menghasilkan apa-apa selama periode waktu tertentu karena kondisi pasar saat ini.

1. Shutdown atau tutup mengacu pada keputusan jangka pendek untuk tidak berproduksi selama periode tertentu karena kondisi pasar yang memaksa.

2. Exit atau keluar mengacu pada keputusan jangka panjang untuk meninggalkan pasar sama sekali.

3. Keputusan-keputusan jangka pendek dan jangka panjang berbeda karena kebanyakan perusahaan tidak dapat menghindari biaya tetap mereka dalam jangka pendek tapi dapat melakukannya dalam jangka panjang. Artinya, sebuah perusahaan yang menutup sementara masih harus membayar biaya tetap, sedangkan perusahaan yang keluar pasar menghemat tetap dan biaya variabel nya.

4. Jika perusahaan tutup maka akan kehilangan semua pendapatan dari penjualan produknya. Pada saat yang sama ia menghemat biaya variabel pembuatan produk (tetapi masih harus membayar biaya tetap). Dengan demikian, perusahaan menutup jika pendapatan yang akan dapatkan dari memproduksi kurang dari biaya variabel produksi.

5. Kurva penawaran jangka pendek perusahaan kompetitif merupakan bagian dari kurva biaya marjinalnya yang terletak diatas kurva biaya variable rata-rata.

6. Biaya tertanam (sunk cost) adalah biaya yang hilang begitu saja tanpa mendapatkan hasil.

7. Biaya hangus adalah biaya yang telah berkomitmen dan tidak dapat dipulihkan.

Perusahaan mempertimbangkan biaya yang tenggelam ketika memutuskan untuk keluar, tetapi mengabaikan ketika memutuskan apakah akan ditutup.Perusahaan menutup jika pendapatan itu akan dari memproduksi kurang dari biaya variabel produksi.

Gambar 1. Kurva Penawaran Jangka Pendek Perusahaan Kompetitif

Keterangan:
Dalam jangka pendek kurva penawaran suatu perusahaan kompetetif adalah kurva biaya marjinal  MC diatas biaya variabel AVC. Jika harga turun kebawah  biaya variabel rata-rata (AVC) perusahaan berhenti.

Sumber:
Mankiw, Gregory. 2006. Pengantar Ekonomi Mikro: Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

1 comment:

  1. Finally someone who answer my questions
    Thanks God i find this website

    ReplyDelete