Wednesday, May 29, 2013

Games dalam Sistem Pembelajaran

By
Permainan adalah sebuah aktivitas dimana pemain mengikuti aturan-aturan yang berbeda dengan realita hidup hingga mereka berusaha untuk mencapai tujuan.

Keuntungan
1. Atraktif/menarik
Permainan memberikan kerangka kerja yang menarik untuk aktivitas-aktivitas pembelajaran. Permainan menarik karena permainan menyenangkan. Anak-anak dan orang dewasa sama-sama cenderung bereaksi positif terhadap ajakan untuk bermain.

2. Adanya hal-hal baru
Seperti halnya permulaan kebiasaan dari kelas biasa, permainan menimbulkan perhatian karena adanya sesuatu yang baru yang menyenangkan.

3. Suasana
Menyenangkan, perkembangan suasana santai dengan permainan dapat bermanfaat untuk mereka-mereka yang menghindari tipe-tipe aktivitas belajar terstruktur lainnya.

4. Waktu untuk tugas
Permainan dapat menjaga siswa tetap tertarik dengan tugas berulang-ulang, seperti menghafalkan tabel perkalian, dll.

Kerugian
1. Persaingan
Aktivitas persaingan dapat menjadi tidak produktif bagi siswa yang kurang tertarik untuk bersaing.

2. Kebingungan
Tanpa manajemen yang baik dan tanya jawab, siswa tidak bisa memperoleh semua kegembiraan permainan dan gagal untuk fokus dalam tujuan riilnya.

3. Desain yang buruk
Untuk menjadi pembelajaran bermakna, aktivitas permainan harus menyediakan latihan sebenarnya dari keterampilan akademik. Kelemahan fatal dari desain permainan yang tidak baik adalah pemain menghabiskan banyak waktunya untuk menunggu giliran main, melempar dadu, dan melakukan tindakan sepele serupa.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment