Wednesday, May 15, 2013

Keputusan Jangka Panjang dari Perusahaan Untuk Masuk atau Keluar Pasar

By
Suatu perusahaan akan keluar dari pasar jika pendapatan yang seharusnya diperolehnya dari produksi lebih sedikit daripada biaya totalnya. Secara matematis dapat dituliskan:
Keluar jika TR < TC
Perusahaan keluar dari pasar jika pendapatan total lebih kecil daripada biaya total. Dengan membagi kedua pertidaksamaan dengan Q, maka pendapatan rata-rata sama dengan harga/P dan TC/Q adalah biaya total rata-rata, artinya suatu perusahaan memilih keluar dari pasar jika harga barang yang dijualnya kurang dari biaya total rata-rata.

Kriteria perusahaan masuk ke pasar jika tindakannya menguntungkan, apabila harga barang melebihi biaya total rata-rata dari produksinya.

Keputusan jangka panjang perusahaan untuk keluar dari pasar mirip dengan keputusan tutup tersebut. Jika perusahaan itu keluar, ia akan kehilangan semua pendapatan dari penjualan produk lagi, tetapi menghemat baik biaya tetap dan variabel produksi.

Dengan demikian, perusahaan keluar pasar jika pendapatan itu akan mendapatkan produksi kurang dari biaya total.

Bagian dari kurva biaya marjinal yang terletak di atas biaya variabel rata-rata jangka pendek kurva penawaran perusahaan kompetitif itu. Dalam jangka panjang, keluar perusahaan jika pendapatan itu akan mendapatkan dari memproduksi kurang dari biaya total.

Jika TR melambangkan pendapatan total, dan TC melambangkan biaya total maka kriteria perusahaan dapat ditulis sebagai berikut:
Keluar jika TR <TC
Keluar jika TR / Q <TC / Q
Keluar jika P <ATC
Perusahaan akan memasuki pasar jika tindakan tersebut menguntungkan, yang terjadi jika harga barang melebihi biaya total rata-rta produksi. Kriteria untuk masuk (entry) adalah:
Masuk jika TR> TC
Masuk jika TR / Q> TC / Q
Masuk jika P> ATC

Gambar 1. Kurva Penawaran Jangka Panjang Perusahaan Kompetitif

Keterangan:
Kurva penawaran jangka panjang perusahaan kompetetif adalah bagian dari kurva MC yang berada diatas ATC. Jika harga jatuh dibawah ATC sebaiknya perusahaan keluar dari pasar. Dan perusahaan akan masuk jika harga berada diatas ATC.

Sumber:
Mankiw, Gregory. 2006. Pengantar Ekonomi Mikro: Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment