Saturday, May 4, 2013

Teori Belajar Kognitif - Ausabel

By
David Ausabel mengemukakan teori belajar bermakna (meaningful learning). Belajar bermakna adalah proses mengaitkan dalam informasi baru dengan konsep-konsep yang relevan dan terdapat dalam struktur kognitif seseorang.

David Ausabel mengajukan 4 prinsip pembelajaran:

1. Advance Organizer
Advance Organizer dapat membantu guru dalam usaha mengaitkan konsep baru yang akan diberikan kepada peserta didik dengan konsep lama yang telah dimiliki peserta didik.

2. Diferensiasi Progresif
Dalam proses belajar bermakna perlu ada pengembangan dan kolaborasi konsep-konsep. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memperkenalkan konsep-konsep umun terlebih dahulu dan dilanjukan kepada hal yang mendetail.

3. Belajar Superordinat
Belajar superordinat adalah proses struktur kognitif yang mengalami petumbuhan kearah deferensiasi, terjadi sejak perolehan informasi dan diasosiasikan dengan konsep dalam struktur kognitif tersebut.

Proses belajar tersebut akan terus berlangsung hingga pada suatu saat ditemukan hal-hal baru. Belajar superordinat akan terjadi bila konsepkonsep yang lebih luas dan inklusif.

4. Penyesuaian Integratif
Pada suatu sasat peserta didik kemungkinan akan menghadapi kenyataan bahwa dua atau lebih nama konsep digunakan untuk menyatakan konsep yang sama.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment