Saturday, May 25, 2013

Pengertian Evaluasi Substantif

By
Evaluasi substantif atau evaluasi hasil belajar merupakan salah satu kegiatan utama yang harus dilakukan oleh seorang guru atau dosen dalam kegiatan pembelajaran.

Berikut adalah pengertian evaluasi hasil belajar menurut beberapa ahli:

1. Hamzah B. Uno (2006) Evaluasi adalah suatu proses mengukur dan menilai.  Lebih lanjut ia meyatakan bahwa evaluasi hasil pembelajaran adalah suatu proses mulai dan menentukan obyek yang diukur, mengukurnya, mendapatkan hasil pengukuran, mentransformasikan ke dalam nilai, serta mengambil keputusan lulus tidaknya seorang siswa, efektif tidaknya seorang dosen mengajar ataupun baik buruknya interaksi antara dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar.

2. Bloom dalam Daryanto (2007) mengungkapkan bahwa evaluasi sebagaimana dapat dilihat adalah pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam keyataan terdapat perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam diri siswa.

3. Oerman (2006) juga mengatakan bahwa evaluation is an important process to measure learning and other outcomes, judge performance, determine competence to practice, and arrive at other decisions about student (evaluasi adalah proses penting untuk mengukur hasil belajar, kinerja, menentukan kompetensi untuk berlatih, dan tiba pada keputusan lainnya tentang mahasiswa).

4. Dimyati dan Mudjiono (2006) berpendapat bahwa evaluasi hasil pembelajaran merupakan suatu proses untuk menentukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian dan atau pengukuran hasil belajar.

Penilaian hasil belajar pada dasarnya adalah bagaimana pengajar dapat mengetahui hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Pengajar harus mengetahui sejauh mana pebelajar (learner) telah mengerti bahan yang telah diajarkan atau sejauh mana tujuan atau kompetensi dari kegiatan pembelajaran yang dikelola dapat dicapai. 

Tingkat pencapaian kompetensi atau tujuan instruksional dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan itu dapat dinyatakan dengan nilai.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment