Friday, May 15, 2015

Kekuasaan, Tanggung Jawab dan The Gangplank Menurut Henry Fayol

By
Kekuasaan dan Tanggung Jawab
Henry Fayol mendefinisikan kekuasaan sebagai suatu hak untuk memberikan perintah dan kewenangan kepada bawahan. Dan kekuasaan dibedakan menjadi dua, yaitu kekuasaan formal (the official authority) dan kekuasaan perseorangan (personell authority).

Yang dimaksud dengan kekuasaan formal adalah kekuasaan yang diperoleh karena jabatannya, dan diperlukan untuk jabatan tersebut. Sedangkan kekuasaan perseorangan adalah kekuasaan yang timbul sebagai akibat dari kecakapan, pengalaman, dan kemampuan seseorang.

Akan tetapi ada kecenderungan umum bahwa orang-orang yang menduduki suatu jabatan organisasi ingin banyak memperoleh kekuasaan dan takut dengan pertanggungjawaban. Meskipun demikian, hubungan antara kekuasaan dengan tanggung jawab adalah saling jalin menjalin. Dengan lain perkataan, tidak mungkin mengisolir kekuasaan tanpa dengan segala konsekuensinya dan tingkat pertanggungjawaban dari manajer.

Adalah suatu kesalahan apabila tidak menghiraukan line authority dalam hubungan di dalam organisasi. Tetapi meskipun demikian, dapat pula dan sering terjadi suatu yang dipandang baik itu, mungkin justru menghalangi kelancaran dari suatu hubungan atau usaha.

Sebagai contoh, komunikasi formal antara dua bawahan dari bagian yang berbeda mungkin akan berlangsung lama, dan dapat menghambat kelancaran jalannya usaha. Karena hubungan itu harus dilakukan melalui saluran hirarki yang panjang, yang sebenarnya jarak itu dapat diperpendek dengan jalan menggunakan apa yang disebut "Gangplank" antara kedua bawahan tersebut. Dan gangplank itu dapat dibuat apabila atasan dari kedua bawahan itu memberi wewenang, dan mengetahui tentang apa yang akan dan telah dilakukan.

Baru apabila ternyata melalui gangplank itu tidak berhasil atau mendapatkan persetujuan, mereka mengembalikan persoalannya kepada atasan mereka masing-masing. Agar jelas, perhatikan skema (gambar) di bawah ini.
Kekuasaan, Tanggung Jawab dan The Gangplank Menurut Henry Fayol
The Gangplank (Jalur Pintas)

Sumber: 
Dr. Hery Sawiji, M.Pd. dalam bukunya “Fungsi Manajemen”
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment