Saturday, May 16, 2015

Apakah yang Dimaksud dengan Riset Pemasaran?

By
Riset Pemasaran (Marketing Research) mempunyai kaitan erat dengan sistem informasi. Informasi dapat diperoleh melalui riset pemasaran dan penggunannya sangat luas. Berikut ini diberikan beberapa contoh.

1. Dalam berkampanye politik, politikus perlu menerapkan teknik-teknik penelitian perilaku konsumen, karena ia memerlukan dukungan dari masyarakat atau para pemberi suara dalam pemungutan suara. Dengan menggunakan teknik-teknik penelitian tersebut akan diperoleh berbagai informasi yang dapat dipakai sebagai bahan berkampanye.

2. Suatu riset pemasaran memperlihatkan bahwa konsumen banyak yang menikmati minuman 7-up bersama-sama dengan minuman lain. Dengan informasi seperti ini, perusahaan dapat melakukan promosi yang menekankan pada 7-up sebagai minuman penyampur, karena selain warnanya yang netral (putih), rasanya pun enak bila dicampur dengan minuman sari lainnya.

Dua contoh di atas menggambarkan beberapa arti penting riset pemasaran. Selain mengumpulkan informasi, riset pemasaran juga dapat mengurangi risiko serta ketidakpastian manajemen.

Menurut Walter B. Wentz dalam bukunya Marketing Research: Management and Method, riset pemasaran didefinisikan sebagai:
Pengumpulan dan penganalisisan informasi untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan di bidang pemasaran.
Apakah yang Dimaksud dengan Riset Pemasaran?
Contoh Instrumen Riset via tpgbrandstrategy.com
Dari definisi tersebut dapat dikatakan bahwa riset pemasaran merupakan suatu proses yang sifatnya praktis. Manajemen menggunakan riset pemasaran untuk memudahkan dan mengambil keputusan, bukannya untuk kepentingan diri sendiri.

Kadang-kadang orang yang tidak mengetahui tentang riset pemasaran mempunyai anggapan bahwa hal ini tidak bermanfaat bagi manajemen. Tetapi masalah tersebut tidak menjadi persoalan. Penelitian hanya memberikan input (bahan) pada pimpinan, yang dalam hal ini bertanggung jawab untuk mengambil keputusan.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang akan sukses karena memiliki informasi yang diperlukan. Riset pemasaran dapat memberikan bahan ke dalam sistem informasi pemasaran. Dengan demikian riset merupakan bagian dari suatu sistem.

Sumber: 
Basu Swastha. 2002. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment