Metode Pembelajaran dan Metode Pembelajaran Kooperatif

Posted by Budi Wahyono on Sunday, March 3, 2013

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu hal yang mutlak dilakukan oleh guru. Sebelum menjabarkan apa yang dimaksud metode pembelajaran terlebih dahulu harus mengetahui pengertian metode. Metode secara harfiah berarti “cara”. Syah (2008: 201) mengemukakan bahwa ”Metode diartikan sebagai cara melakukan suatu kegiatan atau cara melakukan pekerjaan dengan menggunakan fakta-fakta dan konsep-konsep secara sistematis”.

Ada beberapa pengertian metode pembelajaran atau metode mengajar dari beberapa ahli yang perlu diketahui. Tardif dalam Syah (2008: 201) mendefinisikan ”Metode mengajar adalah cara yang berisi prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan kependidikan, khususnya kegiatan penyajian materi pelajaran kepada siswa”.

Sudjana (2005: 76) mendefinisikan ”Metode mengajar adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”.

Sumantri (2001: 114) mendefinisikan ”Metode mengajar merupakan cara-cara yang ditempuh guru untuk menciptakan situasi pengajaran yang benar-benar menyenangkan dan mendukung bagi kelancaran proses belajar dan tercapainya prestasi belajar anak yang memuaskan”.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran merupakan cara-cara yang berisi prosedur baku yang ditempuh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa untuk menciptakan situasi pengajaran yang menyenangkan dan mendukung bagi kelancaran proses belajar dan tercapainya prestasi belajar anak yang memuaskan.

Untuk mencapai hal tersebut guru harus dapat memilih dan mengembangkan metode pembelajaran yang tepat, efisien dan efektif. Metode pembelajaran yang baik adalah metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, sesuai dengan kondisi siswa, sarana dan prasarana yang tersedia serta sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga bisa dilihat apakah metode yang diterapkan efektif bagi proses pembelajaran.

Slavin (2010: 4) mendefinisikan “Pembelajaran kooperatif merujuk pada berbagai macam metode pengajaran dimana siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lain dalam mempelajari materi pelajaran”. Siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan heterogen.

Dalam menyelesaikan tugas kelompok, setiap anggota kelompok saling kerjasama dan membantu untuk memahami suatu bahan pembelajaran agar dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan baik. Sanrock (2008:61) mendefinisikan “Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) terjadi ketika siswa-siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu dalam belajar.

Lie (2004: 31) mendefinisikan “Sistem pembelajaran kooperatif  merupakan sistem kerja atau belajar kelompok yang terstruktur”. Sohmatin dan Raharjo (2007: 4) “Cooperatif learning mengandung pengertian sebagai suatu sikap atau perilaku bersama dalam bekerja dan membantu di antara sesama dalam stuktur kerja sama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih di mana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri”.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif merupakan metode pengajaran dimana siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil yang terstruktur yang terdiri dari dua orang atau lebih untuk saling membantu satu sama lain dalam mempelajari materi pelajaran, di mana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment