Wednesday, February 27, 2013

Contoh Business Plan - Bisnis Aksesoris

By
Berikut ini kami tempilkan contoh business plan untuk usaha aksesoris, setelah sebelumnya kami juga mem-posting contoh business plan untuk usaha jus (green juice). Selengkapnya bisa langsung dilihat di bawah ini:

Nama : KIREI
Jenis bisnis : Bisnis Aksesoris
Alamat : Karanganyar
Sifat bisnis : Bisnis perseorangan

Latar Belakang
Saat ini banyak sekali remaja yang mengutamakan penampilannya, mereka sering menggunakan aksesoris untuk menunjang penampilannya ketika di sekolah, kampus, lingkungan tempat ia tinggal, atau ketika sedang hang out dengan teman-temannya.

Remaja saat ini sangat peka terhadap penampilannya. Mulai dari memakai bando, cincin, gelang, kalung, anting, pita, jepitan, ikat rambut, bros, dan lain sebagainya. Dari situlah saya tertarik untuk membuat rencana bisnis tentang usaha penjualan aksesoris.

Dalam menjalankan suatu bisnis yang pertama adalah bagaimana kita menciptakan suatu inovasi baru, dimana nantinya aksesoris yang ingin saya pasarkan adalah aksesoris yang lebih unik, lebih awet, dan dijamin digemari oleh para remaja.

Dalam menjalankan suatu bisnis tidak lupa juga kita harus berani mencoba, jangan takut gagal dan berani megambil resiki yang mungkin terjadi.

Analisis SWOT
Dalam setiap usaha tentunya kita harus menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dari usaha yang kita lakukan nantinya:

1. Kekuatan
Kekuatan dari usaha aksesoris ini adalah merupakan suatu usaha yang sangat berkembang dan usaha aksesoris di karanganyar hanya beberapa saja, kekuatan dari bisnis aksesoris ini, barang-barangnya didesain dengan tangan sendiri tidak mengambil dari pihak luar, kita juga melayani pesanan desain dari pelanggan selain itu produk kami nantinya disesuaikan dengan pangsa pasar dan tren yang sedang berkembang.

2. Kelemahan
Kelemahan dari bisnis ini, untuk menghasilkan produk yang berkualitas harus memilih bahan baku yang berkualitas pula, dan harganya tentunya mahal. Sehingga ketika dijual dengan harga yang mahal pula dikhawatirkan sulit untuk menembus pasar.

3. Peluang
Peluang bisnis ini adalah di Karanganyar bisnis aksesoris minim sekali, kalaupun ada counternya menyatu dengan supermarket. Tidak disediakan tempat yang khusus atau terpisah. Sehingga nantinya saya optimis bisnis ini akan sangat berpeluang untuk berkembang di daerah Karanganyar.

4. Ancaman
Ancamannya adalah ketika bisnis ini nantinya sudah mulai berkembang, akan ada toko-toko aksesoris lainnya yang akan menyaingi.

Aspek Pemasaran
1. Produk
Berbagai macam aksesoris remaja yang berbahan dasar kain (pita), kain fanel, plastik elastis dan manik-manik, produknya: Kalung, Bando, Jepitan, Ikat rambut, Aneka bros, Tas laptop, dan Tempat pensil/

2. Harga
Untuk menetapkan harga, kita perlu melakukan riset dan membandingkannya. Karena bisnis ini peminatnya adalah remaja, maka berikan harga yang dapat dijangkau oleh para remaja oleh karena itu kita perlu mencari supplier bahan baku yang bisa memberikan harga bahan baku lebih murah, sehingga kita juga dapat memberikan harga yang terjangkau untuk costumer.

Daftar harga barang:
@ kalung = Rp15.000
@ gelang = Rp5.000
@ bando = Rp5.000
@ jepitan = Rp2.500
@ kunciran = Rp2.500
@ brose = Rp5.000
@ tas = Rp35.000
@ tempat pensil = Rp15.000

3. Tempat
Tempat,yang dipilih haruslah strategis, yang mudah dijangkau oleh orang bayak, karena bisnis ini pangsa pasarnya adalah remaja, maka sebaiknya mendirikan tempat di sekitar sekolahan atau di dekat kampus.

Sehingga mudah diakses, untuk penataan tempatnya juga harus menarik, tembok dicat warna-warna yang cerah yang cenderung ke warna pink atau merah muda. Ruangan dibuat senyaman mungkin sehingga pengunjung yang datang menjadi nyaman dan betah berlama-lama di tempat usaha saya nantinya.

4. Promosi
Promosi pada bisnis ini bisa dengan menggunakan media catalog yang di dalamnya berisi tentang semua paroduk yang ada, ataupun yang lebih mudahnya lagi kita memakai produknya agar orang lain dapat melihatnya.

Pada awal pembukaan bisnis ini buat sebuah promosi dengan harga diskon ataupun dengan pemberian bonus pada costumer.

Ingin mendapatkan Business Plan (Bisnis Aksesoris) ini secara utuh?? Silakan kirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com (100% FREE!!).
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete