Pin It

Makalah Aliran-aliran Pendidikan

Posted by Budi Wahyono on Monday, October 1, 2012

Latar Belakang Masalah - Pendidikan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Dewey berpendapat bahwa pendidikan sebagai salah satu kebutuhan hidup (a necessity of life), fungsi sosial (a sosial function), bimbingan (a divertion), sarana pertumbuhan (a means of grouth), yang mempersiapkan dan membukakan serta membentuk disiplin hidup. Pendidikan menyandang misi keseluruhan aspek kebutuhan hidup dan sejalan dengan dinamika serta perubahan-perubahan yang terjadi. Sebagai akibat logisnya, maka pendidikan senantiasa mengandung pemikiran dan kajian baik secara konseptual dan operasionalnya, sehingga diperoleh relevansi dan kemampuan menjawab tantangan serta memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh umat manusia. Pemikiran-pemikiran yang membawa pembaruan pendidikan itu disebut aliran-aliran pendidikan.

Pemikiran tersebut berlangsung seperti suatu diskusi berkepanjangan, yakni pemikiran-pemikiran terdahulu selalu ditanggapi dengan pro dan kontra oleh pemikir berikutnya, sehingga timbul pemikiran yang baru, dan demikian seterusnya. Hal ini diakibatkan oleh kompleksnya permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan.


Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa aliran-aliran pendidikan yang ada dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan yang ada di dalam dunia pendidikan. Aliran-aliran tersebut dapat dianut salah satu ataupun di-combine dari beberapa aliran. Namun, sebelum memilih aliran pendidikan mana yang tepat untuk digunakan dalam mengatasi masalah yang ada, terlebih dahulu harus dipahami karakteristik dari masing-masing aliran.

Rumusan Masalah - Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah bagaimana karakteristik masing-masing aliran pendidikan?

Ingin mendapatkan kelanjutan makalah ini? Silakan kirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com (FREE!!)

Baca Juga Artikel ini:

Tulis Komentar: