logo blog
Selamat Datang Di Blog Pendidikan Ekonomi
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Pendidikan Ekonomi.
Semoga apa yang kami share di sini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran mengajarkan bahwa kegiatan pemasaran suatu perusahaan harus dimulai dengan usaha mengenal, merumuskan keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Perusahaan harus mampu memprediksikan hal-hal yang menjadi harapan konsumen untuk menimbulkan kepuasan konsumen sehingga akan menciptakan kesetiaan pelanggan pada toko. Berikut akan dijelaskan mengenai tiga unsur pokok dalam konsep pemasaran menurut Swastha dan Handoko (2011) adalah sebagai berikut:

Orientasi pada konsumen
Perusahaan yang benar-benar ingin memperhatikan konsumen harus:
  1. Menentukan kebutuhan pokok (basic needs) dari pembelian yang akan dilayani dan dipenuhi. 
  2. Menentukan kelompok pembeli yang akan dijadikan sasaran penjualan, karena perusahaan tidak mungkin dapat memenuhi segala kebutuhan konsumen maka perusahaan harus memilih kelompok pembeli dengan kebutuhan tertentu. Perusahaan dalam melayani kelompok pembeli, tidak semua kelompok pembeli mendapat perhatian yang sama. 
  3. Menentukan produk dan program pemasarannya untuk kebutuhan yang berbeda-beda dari kelompok pembeli yang dipilih sebagai sasaran, perusahaan dapat menghasilkan barang-barang dengan tipe model yang berbeda-beda dan dipasarkan dengan program pemasaran yang berlainan.
  4. Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai, dan menafsirkan keinginan, sikap, serta perilaku mereka.
  5. Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah, atau model yang menarik.
Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral (integrated marketing)
Pengintegrasian kegiatan pemasaran berarti bahwa setiap bagian dalam perusahaan turut berkecimpung dalam suatu usaha terkoordinir untuk memberikan kepuasan konsumen, sehingga tujuan perusahaan dapat direalisir dengan baik. Adanya penyesuaian dan koordinasi bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, saluran distribusi, dan promosi untuk menciptakan hubungan pertukaran yang kuat dengan konsumen. Usaha-usaha ini perlu juga dikoordinasikan dengan waktu dan tempat yang sesuai.

Kepuasan konsumen (customer satisfaction)
Faktor yang akan menentukan apakah perusahaan dalam jangka panjang akan mendapatkan laba, adalah banyak sedikitnya kepuasan konsumen yang dapat dipenuhi oleh perusahaan. Sehubungan dengan hal ini, perusahaan harus mendapatkan laba dengan cara memberikan kepuasan kepada konsumen. Perkembangan masyarakat dan teknologi menyebabkan perkembangan konsep pemasaran, dimana perusahaan dituntut  untuk dapat menanggapi cara-cara atau kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan yang diinginkan sesuai dengan selera mereka.

Berdasarkan konsep pemasaran diatas, dapat disimpulkan bahwa ada tiga unsur pokok, yaitu pertama orientasi pada konsumen dengan memenuhi kebutuhan konsumen, menentukan kelompok pembeli yang akan menjadi sasaran penjualan, menentukan program pemasaran yang berbeda sesuai sasaran, mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai, menafsirkan keinginan, dan menentukan strategi yang baik bagi konsumen. Kedua penyusunan kegiatan pemasaran secara integral yaitu penyesuaian dan koordinasi bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, saluran distribusi, dan promosi untuk menciptakan hubungan pertukaran yang kuat dengan konsumen. Ketiga kepuasan konsumen yaitu perusahaan harus meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk yang dipasarkan untuk mendapatkan laba. Dalam perkembangannya, perusahaan dituntut  untuk dapat menanggapi cara-cara atau kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan yang diinginkan sesuai dengan selera mereka.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012 - 2014. Pendidikan Ekonomi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger