Pin It

Tahap-tahap Penentuan Lokasi Pabrik

Posted by Budi Wahyono on Wednesday, July 18, 2012

Untuk mendapatkan lokasi pabrik yang ideal atau tepat, diperlukan beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu: 

1. Menentukan daerah (territorial), di mana sebaiknya pabrik didirikan. 
2. Menentukan lingkungan masyarakat, tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana sikap masyarakat terhadap rencana pendirian pabrik, sehingga didapatkan lokasi optimum. 
3. Memilih lokasi terbaik, alternatifnya:
  • Kota besar (city location}; alternatif ini dipilih berdasar pertimbangan apabila dibutuhkan tenaga kerja terampil dalam jumlah besar, proses produksi tergantung fasilitas kota, mengutamakan pentingnya  sarana transportasi dan komunikasi, banyak masalah tenaga kerja, ekspansi sulit dilakukan.
  • Pinggir kota (suburban location); alternatif ini dipilih berdasar pertimbangan apabila dibutuhkan tenaga kerja semi skill, tingkat ekspansi mudah dilakukan, tenaga kerja dekat dengan lokasi pabrik, jumlah penduduk minimum, sehingga tidak banyak terdapat masalah lingkungan.
  • Luar kota (country location); dasar pertimbangan yang dipergunakan adalah apabila pabrik yang didirikan membutuhkan lahan luas, tingkat ekspansi mudah, dibutuhkan tenaga kerja unskill dalam jumlah besar, produk yang dihasilkan beresiko tinggi, dan standar upah minimum.

Baca Juga Artikel ini:

Tulis Komentar: