Friday, July 20, 2012

Hubungan antara Kompetensi Dasar, Hasil Belajar dan Pengalaman Belajar

By
Hubungan antara Kompetensi Dasar dengan Hasil Belajar
Kompetensi dasar merupakan merupakan penjabaran Standar Kompetensi yang cakupan materinya lebih sempit dibanding dengan Standar Kompetensi.Standar Kompetensi sendiri adalah ukuran kemampuan minimal yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dicapai, diketahui, dan mahir dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang diajarkan.

Kompetensi dasar diturunkan menjadi indikator, dari indikator digunakan untuk menyusun tujuan pembelajaran.Evaluasi pembelajaran didasarkan pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, dari evaluasi inilah dapat diketahui hasil belajar peserta didik. Apabila hubungan tersebut digambarkan adalah sebagai berikut:


 

Contoh:
Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tertulis:
Kompetensi Dasar                :    Menjelaskan pengertian dan fungsi uang
Indikator                               :    1. Mendeskripsikan pengertian uang
                                     2. Mengidentifikasi fungsi uang
Tujuan Pembelajaran
1)   Siswa dapat mendeskripsikan pengertian uang tanpa membuka buku
2)   Siswa dapat mendeskripsikan fungsi uang tanpa bantuan teman
Hasil belajar yang dicapai siswa harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran sendiri mengacu pada indikator yang merupakan rincian dari kompetensi dasar.

Hubungan antara Kompetensi Dasar dengan Pengalaman Belajar
Pengalaman belajar mengacu kepada interaksi antara pebelajar dengan kondisi eksternalnya. Pengalaman belajar dimiliki siswa setelah ia mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Proses pembelajaran di sekolah itu sendiri mengacu pada kompetensi dasar yang tertulis di dalam RPP. Sehingga hubungan antara kompetensi dasar dengan pengelaman belajar adalah pengalaman belajar siswa terbentuk dari proses pembelajaran di sekolah, proses pembelajaran tersebut mengacu pada kompetensi dasar.

Contoh:
Kompetensi dasar dalam mata pelajaran Ekonomi adalah menjelaskan pengertian dan fungsi uang. Maka pemberian materi oleh guru kepada siswa mengacu pada kompetensi dasar ini yaitu memberikan materi tentang pengertian uang dan fungsi uang. Secara otomatis siswa akan mengalami pengalaman belajar sesuai dengan materi yang disampaikan guru tersebut.

Hubungan antara Pengalaman Belajar dengan Hasil Belajar
Pengalaman belajar siswa perlu dievaluasi karena evaluasi pengalaman belajar merupakan proses pengumpulan dan penginterpretasian informasi atau data yang dilakukan secara kontinyu dan sistematis untuk menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa. Sehingga hubungan antara pengalaman belajar dengan hasil belajar adalah pengalaman belajar merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Contoh:
Melanjutkan contoh sebelumnya, pengalaman belajar siswa terkait dengan materi pengertian dan fungsi uang.Maka evaluasi yang dilakukan guru mengacu pada kompetensi dasar tersebut, dari evaluasi ini dapat diketahui tingkat pencapaian hasil belajar siswa terkait dengan materi pengertian dan fungsi uang.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment