Saturday, July 28, 2012

Contoh Business Plan - Green Juice

By
Berikut ini kami tampilkan contoh business plan untuk usaha jus. Mungkin saja contoh business plan ini nanti bisa dimanfaatkan oleh calon wirausaha, ataupun mahasiswa untuk mengerjakan tugas dari dosennya.hehe

Ok. Langsung saja, Contoh Business Plan Green Juice bisa dilihat di bawah ini:

 “GREEN JUICE”
Jusku untuk kesehatanmu
Kompleks GOR SATRIA
Purwokerto

Para Pemilik :
1.   Niken Nurnovitasari
RT04/II Ds. Menganti Kec. Rawalo, Banyumas
2.   Myrna Ikawati Chandrasari
RT 06/V Ds. Datar Kec. Sumbang, Banyumas
3.   Ita Puspita Sari
RT 3/II Ds. Mersi Kec. Kembaran, Banyumas

Deskripsi Bisnis:
Bisnis ini merupakan bisnis kuliner yaitu menyediakan jus-jus buah segar yang sehat dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat umum dan khususnya kalangan mahasiswa. Lokasinya di komplek GOR Satria Purwokerto yang bersebelahan dengan kampus Unsoed sehingga sangat potensial, mengingat di daerah Unsoed dan sekitarnya belum terdapat kedai khusus jus.

Pembiayaan:
Pembiayaan awal yang dibutuhkan sekitar Rp 3.000.000,00. Uang ini digunakan untuk membeli segala peralatan, perlengkapan, buah-buahan untuk jangka waktu 1 minggu dan untuk promosi (pencetakan leaflet).

Laporan ini bersifat rahasia dan hanya para pemilik yang boleh memilikinya. Laporan ini hanya boleh digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan di dalam usaha ini. Tidak diperbolehkan menggandakan laporan ini tanpa seijin para pemilik yang namanya tertera di atas.

Ringkasan Eksekutif
Kota Purwokerto beberapa tahun belakangan ini mengalami kamajuan pesat di bidang industri dan perdagangan. Pusat kota Purwokerto dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik yang mampu memanjakan masyrakata. Mulai dari kompleks perbelanjaan, sarana olahraga, kompleks wisata kuliner dan wisata keluarga. Salah satu sisi kota Purwokerto yang mengalami perubahan secara signifikan adalah komplek kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan komplek GOR Satria Purwokerto.

Kondisi kedua tempat yang bersebelahan ini memang terlihat sangat ramai jika dibandingkan beberapa tahun lalu. Geliat perekonomian begitu terasa dengan menjamurnya berbagai jenis usaha di Jalan HR Boenyamin ini. Usaha yang mendominasi antara lain warung makan, toko baju, toko accesories, toko sepatu dan tas, serta warnet. Tidak jauh dari kampus Unsoed terdapat gelora olahraga Satria (GOR SATRIA) yang selalu ramai dipadati para remaja dan masyarakat umum. Lebih ramai lagi ketika pembangunan berbagai usaha di depannya beberapa tahun ini. Bisnis yang menonjol di komplek GOR Satria ini adalah terdapatnya food court dengan berbagai variasi menu makanan. Oleh karena itu, komplek GOR Satria yang menyatu dengan komplek kampus Unsoed ini kami nilai sebagai tempat yang berprospek untuk membuka usaha.

Kondisi iklim sekarang ini yang berubah-ubah membuat kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan. Lingkungan kota Purwokerto pun mengalami pergeseran dari yang berhawa sejuk karena berada di kaki Gunung Slamet, sekarang ini sudah terasa lebih panas. Suasana panas seperti itu membuat orang suka membeli jajan es, apalagi mahasiswa yang notabenya suka jajan. Dari berbagai jenis usaha yang terdapat di komplek kampus ini, kami belum menemukan kedai yang khusus menjual jus, hanya ada beberapa warung es campur dan sup buah yang peminatnya lumayan banyak. Bisnis ini dipilih karena berdasarkan analisis di lapangan bahwa belum ada kedai khusus jus di tengah keramaian berbagai jenis usaha yang menjamur disana.


GREEN JUICE yang berlokasi di komplek GOR Satria Purwokerto ini menawarakan berbagai varian jus yang segar dan sehat, karena dibuat dari buah-buahan yang segar. Hal ini sangat sesuai dengan mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan, dimana mereka dituntut untuk tetap sehat sehingga dapat menjalankan aktivitasnya. Tiga keuntungan yang diperoleh dengan membeli jus di GREEN JUICE yaitu sehat, segar dan terjangkau.

Mengusung tema GREEN dimana saat ini isu-isu lingkungan dan global warming banyak dibicarakan, maka usaha kami akan mengidentikkan diri dengan green atau hijau. Kami memiliki konsep bahwa semua atribut yang digunakan akan bernuansa hijau, seperti gerobak, tenda, seragam, kursi dsb. Dengan demikian, diharapkan akan dapat menarik konsumen untuk membeli jus di kedai kami.

Dapatkan Full Business Plan dengan mengirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment