Implementasi Pembelajaran Pendidikan Tata Niaga (Pemasaran) untuk Mata Pelajaran Ritel di SMK dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Cross Word dan Course Review Horay

Posted by Budi Wahyono on Sunday, July 22, 2012

Berbagai upaya dilakukan guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yeng efektif dan efisien. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif memiliki berbagai tipe, seperti jigsaw, talking stick, make a match, cross word, course review horay, dan sebagainya. Dalam postingan kali ini kami akan membahas mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cross word dan course review horay di SMK pada mata pelajaran Ritel.

Langkah awal yang harus dilakukan guru adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk mapel tersebut, langkah-langkah pembelajaran yang ada dalam RPP disesuaikan dengan model pembelajaran yang dipilih (dalam hal ini adalah cross word dan course review horay). Berikut ini contoh RPP-nya:


* Ingin RPP lengkap? Silakan mengirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com

Selain RPP tentunya guru juga mempersiapkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dalam hal ini media yang digunakan adalah slide power point yang memuat materi ritel dan instrumen untuk model cross word dan course review horay. Slide power point-nya bisa dilihat dalam gambar di bawah ini:

1. Slide untuk Model Cross Word
 

2. Slide untuk Model Course Review horay

Pembahasan ini hanya sedikit cuplikan mengenai penerapan model cross word dan course review horay dalam mata pelajaran Ritel di SMK. Untuk lebih jelas dan detailnya bisa dilihat dalam RPP dan Slide power point-nya. Bagi yang berminat silakan mengirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com
 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment