Saturday, July 7, 2012

Analisis Penetapan Strategi Sekolah dengan Matriks Internal Eksternal (IE) pada SMA Negeri 1 Ngadirojo Pacitan

By
Abstrak
Analisis Penetapan Strategi Sekolah dengan Matriks Internal Eksternal (IE) pada SMA Negeri 1 Ngadirojo Pacitan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat bagi SMA Negeri 1 Ngadirojo menurut Matriks Internal Eksternal (IE).

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngadirojo yang beralamat Desa Hadiluwih, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur Populasi penelitian ini adalah semua guru dan karyawan di SMA Negeri 1 Ngadirojo, sedangkan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak lima orang, terdiri dari satu kepala sekolah dan empat wakil kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey yaitu melakukan kunjungan ke instansi dan organisasi, dalam hal ini adalah SMA Negeri 1 Ngadirojo. Sedangkan untuk penetapan strategi pengembangan sekolah menggunakan matriks internal eksternal (IE). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dengan menggunakan kuesioner serta dokumentasi. Pengolahan dan analisis data penelitian ini menggunakan matriks internal eksternal (IE).


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil matriks IFE menunjukkan skor 2,515 yang berarti bahwa SMA Negeri 1 Ngadirojo berada pada titik rata-rata dalam usahanya menjalankan strategi memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi kelemahan. (2) Hasil matriks EFE menunjukkan skor 2,518 yang berarti bahwa SMA Negeri 1 Ngadirojo berada pada titik rata-rata dalam usahanya untuk menjalankan strategi memanfaatkan peluang dan menghindari ancaman. (3) Hasil matriks IE menunjukkan bahwa posisi SMA Negeri 1 Ngadirojo berada pada kuadran V yang berarti bahwa strategi yang tepat digunakan oleh SMA Negeri 1 Ngadirojo berdasarkan matriks IE adalah strategi menjaga dan mempertahankan: penetrasi pasar dan pengembangan produk.
Kata kunci: Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Strategi Sekolah

Bagi yang berminat mendapatkan artikel penuh, silakan mengirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment