Pin It

ABCD dari Tujuan Belajar yang Dinyatakan dengan Baik

Posted by Budi Wahyono on Sunday, July 29, 2012

ABCD dari tujuan yang dinyatakan dengan baik memberikan kita proses yang mudah diikuti untuk menentukan tujuan belajar.
Audience (Audiensi)
Tujuan belajar fokus pada apa yang para pemelajar akan ketahui dan bisa melakukannya setelah mata pelajaran usai, dan bukannya apa yang guru lakukan untuk mengajar mereka, maka penting untuk dengan jelas mengidentifikasi pemelajar sasaran.

Behavior (Perilaku)
Inti dari tujuan adalah kata kerja yang mendeskripsikan kemampuan baru yang para pembelajar akan miliki setelah pengajaran. Kata kerja ini adalah yang paling mungkin untuk mengomunikasikan tujuan kita dengan jelas jika dinyatakan sebagai perilaku yang bisa diamati. Kita harus berusaha mendapatkan perilaku atau kinerja siswa yang mencerminkan pemahaman mendalam dan kemampuan dunia yang sebenarnya.


Condition (Kondisi)
Sebuah pernyataan tujuan belajar sebaiknya menyertakan kondisi di mana kinerja akan dinilai. Dengan kata lain, materi atau piranti apa yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan untuk dipakai para siswa dalam menampilakan penguasaan tujuan tersebut.

Degree (Tingkat)
Persyaratan pamungkas dari sebuah tujuan yang dinyatakan dengan baik adalah bahwa tujuan itu mengindikasikan standar atau kriteria untuk menilai kinerja yang bisa diterima. Tingkat akurasi atau kefasihan seperti apa yang harus ditunjukkan oleh para pembelajar.

Baca Juga Artikel ini:

Tulis Komentar: