logo blog
Selamat Datang Di Blog Pendidikan Ekonomi
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Pendidikan Ekonomi.
Semoga apa yang kami share di sini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Pengaruh Implementasi Realisasi Produk Dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui signifikansi pengaruh implementasi Realisasi Produk dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang terdiri dari enam sub variabel yaitu perencanaan realisasi produk, proses yang terkait dengan pelanggan, desain dan pengembangan, pembelian, produksi dan penyediaan jasa, dan pengendalian peralatan pemantauan dan pengukuran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. (2) Mengetahui signifikansi pengaruh variabel perencanaan realisasi produk terhadap prestasi belajar siswa. (3) Mengetahui signifikansi pengaruh variabel proses yang terkait dengan pelanggan terhadap prestasi belajar siswa. (4) Mengetahui signifikansi pengaruh variabel desain dan pengembangan terhadap prestasi belajar siswa. (5) Mengetahui signifikansi pengaruh variabel pembelian terhadap prestasi belajar siswa. (6) Mengetahui signifikansi pengaruh variabel produksi dan penyediaan jasa terhadap prestasi belajar siswa. (7) Mengetahui signifikansi pengaruh variabel pengendalian peralatan pemantauan dan pengukuran terhadap prestasi belajar siswa.


Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dan didapat sampel sebanyak 49 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel implementasi Realisasi Produk dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang meliputi perencanaan realisasi produk, proses yang terkait dengan pelanggan, desain dan pengembangan, pembelian, produksi dan penyediaan jasa, pengendalian peralatan pemantauan dan pengukuran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel perencanaan realisasi produk terhadap prestasi belajar siswa 011. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel proses yang terkait dengan pelanggan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel desain dan pengembangan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel pembelian terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (6) Terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel produksi dan penyediaan jasa terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (7) Terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel pengendalian peralatan pemantauan dan pengukuran terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05.

Berminat untuk membaca keseluruhan artikel? Hubungi kami di iro.maruto@gmail.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012 - 2014. Pendidikan Ekonomi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified By Pendidikan Ekonomi
Pemasaran | Ilmu Pendidikan | Pendidikan Kewirausahaan | Pengantar Ilmu Ekonomi | Manajemen Operasi | Ekonomi Islam | Model Pembelajaran