Saturday, June 16, 2012

Mengembangkan Strategi Pembelajaran (Developing an Instructional Strategy) Bagian 3

By
Menciptakan Strategi 
Dick dan Carey menciptakan urutan strategi pembelajaran dalam lima langkah: 
1. Urutan dan Tujuan Cluster
Untuk mulai  harus menunjukkan urutan tujuan dan bagaimana  akan mengelompokkan mereka untuk instruksi. Pertimbangkan baik urutan dan ukuran cluster yang sesuai untuk rentang perhatian siswa dan waktu yang tersedia untuk setiap sesi. Jika sedang merancang sebuah pelajaran singkat  mungkin hanya memiliki satu cluster.

2. Rencana Preinstructional, Penilaian dan Tindak Lanjut Kegiatan
Setelah  memiliki urutan tujuan,  harus menunjukkan apa yang akan  kita  lakukan berkaitan dengan kegiatan preinstructional, penilaian, dan tindak lanjut kegiatan.

a. Preinstruction
  • Motivasi, Jelaskan bagaimana Anda akan mendapatkan perhatian peserta didik   dan  mempertahankannya seluruh instruksi. 
  • Tujuan, Jelaskan bagaimana Anda akan menginformasikan kepada peserta didik tentang apa yang mereka akan dapat dilakukan ketika mereka menyelesaikan pelajaran Anda. Jelaskan mengapa hal ini penting bagi peserta didik. 
  • Pengelompokan dan Seleksi Media, Jelaskan bagaimana Anda akan mengelompokkan siswa untuk kegiatan preinstructional (misalnya, individual, sub kelompok kecil, total kelompok). Juga, menggambarkan pemilihan media untuk kegiatan ini (misalnya, ceramah live, rekaman video, cetak, web-based).
 
b. Penilaian
  • Menguji Coba, Jelaskan apakah Anda akan menguji perilaku masuk dan apa yang akan Anda lakukan jika seorang pelajar tidak memiliki mereka. Jelaskan juga apakah Anda akan menguji keterampilan Anda akan mengajar. 
  • Praktik Tes, Jelaskan bagaimana Anda akan menggunakan tes praktek dan  kegiatan latihan dan di mana mereka akan berlokasi di instruksi. 
  • Pos Test, Jelaskan kapan dan di mana posttest akan diberikan. 
  • Pengelompokan dan Seleksi Media, Jelaskan bagaimana Anda akan kelompok siswa untuk kegiatan penilaian (misalnya, individual, sub kelompok kecil, total kelompok). Juga, menggambarkan pemilihan media untuk kegiatan ini (misalnya, kertas dan pensil, pengembangan produk, live performance, komputer yang dikelola).
c. Tindak Melalui Kegiatan
  • Bantuan Memori, Jelaskan memori bantuan apapun yang akan dikembangkan untuk memfasilitasi penyimpanan informasi dan keterampilan. 
  • Mentransfer, Menggambarkan dan faktor khusus yang akan digunakan untuk memfasilitasi transfer kinerja. 
  • Pengelompokan dan Seleksi Media, Jelaskan bagaimana Anda akan kelompok siswa untuk tindak lanjut kegiatan (misalnya, individual, sub kelompok kecil, total kelompok). Juga, menggambarkan pemilihan media untuk kegiatan ini (misalnya, ceramah live, rekaman video, cetak, web-based).

3. Merencanakan Presentasi Isi dan Bagian Partisipasi Mahasiswa untuk Setiap  Tujuan atau Sekelompok Tujuan.
Dua bagian utama presentasi dan partisipasi:
a. Konten Presentasi
  • Konten, Jelaskan konten yang akan anda berikan untuk masing-masing tujuan 
  • Contoh, Menjelaskan beberapa contoh (dan non-contoh) yang akan anda berikan untuk masing-masing tujuan. Pastikan mereka adalah kongruen dengan tujuan. 
  • Pengelompokan dan Seleksi Media, Jelaskan bagaimana Anda akan mengelompokkan siswa untuk kegiatan ini, dan pemilihan media untuk kegiatan ini.
b. Partisipasi Mahasiswa
  • Item Praktik, Jelaskan latihan sampel beberapa latihan. 
  • Umpan Balik, Jelaskan umpan balik Anda akan memberikan latihan praktek 
  • Pengelompokan dan Seleksi Media, Jelaskan bagaimana siswa akan dikelompokkan untuk kegiatan ini, dan pemilihan media untuk kegiatan ini.
Jangan  lupa untuk menyertakan strategi untuk mengajar tujuan terminal Anda saat menyelesaikan langkah ini.

4. Tetapkan Tujuan untuk Pelajaran dan Memperkirakan Waktu yang Dibutuhkan
Meninjau urutan dan kelompok sasaran, bersama dengan kegiatanpreinstructional, penilaian, penyajian konten, partisipasi siswa, dan pengelompokan siswa dan pilihan media. Dalam sebuah unit besar instruksi pelajaran pertama umumnya berisi kegiatan preinstructional, sedangkan yang terakhir umumnya berisi penilaian dan/atau tindak lanjut kegiatan. Pastikan untuk memasukkan waktu untuk presentasi, review, dan kegiatan partisipasi.

5. Meninjau Strategi untuk Mengkonsolidasikan Pilihan Media dan Mengkonfirmasi atau Memilih Sistem Pengiriman.
Ketika menciptakan strategi pembelajaran, telah mempertimbangkan media apa yang digunakan dalam meliput masing-masing tujuan.

Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment