Tuesday, June 26, 2012

Apa yang Menyebabkan Kurva Permintaan Tenaga Kerja Bergeser?

By
Kurva permintaan tenaga kerja mencerminkan nilai produk marginal tenaga kerja (Value of Marginal Product). Adapun beberapa hal yang menyebabkan kurva permintaan tenaga kerja mengalami pergeseran adalah sebagai berikut:

1. Harga Hasil Produksi
Nilai produk marginal (Value of Marginal Product) adalah produk fisik marginal (Marginal Physical Product) dikali harga hasil produksi perusahaan. Jadi, ketika harga hasil produksi berubah, nilai produk marginal juga berubah, dan kurva permintaan tenaga kerja akan bergeser.

Contoh:
Peningkatan harga apel akan meningkatkan nilai produk marginal tiap pekerja yang memetik apel dan dengan demikian akan meningkatkan permintaan tenega kerja dari perusahaan yang menawarkan apel.

2. Perubahan Teknologi
Kemajuan teknologi meningkatkan produk marginal tenaga kerja, yang kemudian meningkatkan permintaan tenaga kerja.

Contoh:
Antara tahun 1960 dan 2000, jumlah hasil produksi yang dihasilkan oleh rata-rata pekerja di AS dalam sejam meningkat sebesar 140%. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi seperti ini menjelaskan peningkatan permintaan tenaga kerja.

3. Penawaran Faktor-faktor Produksi Lainnya
Jumlah suatu faktor produksi yang tersedia dapat mempengaruhi produk marginal faktor-faktor lainnya.

Contoh:
Penurunan penawaran tangga (alat yang digunakan pemetik apel) akan mengurangi produk marginal para pemetik apel dan demikian pula dengan permintaan jasa pemetik apel.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment