Friday, August 15, 2014

Strategi Kewirausahaan: Menghasilkan dan Mengeksploitasi Usaha Baru

By
Usaha Baru merupakan hal yang penting dalam kewirausahaan. Pengetahuan tentang Strategi Eksploitasi Usaha Baru perlu dipahami oleh calon wirausaha baru, atau bahkan seorang yang sudah menjadi wirausaha tetapi ingin memambah usahanya.

Usaha baru meliputi:
  1. Menawarkan semua produk baru kepada pasar 
  2. Menawarkan sebuah produk yang sudah ada
  3. Menciptakan sebuah  organisasai yang baru terlepas apakah produk itu baru bagi pesaing atau konsumen.
Penciptaan Kesempatan dari Suatu Usaha Baru
Sumber daya sebagai sumber keunggulan kompetetif, ketika sebuah perusahaan memulai usaha baru, sumber daya ini dapat dikombinasikan  untuk menyediakan kapasitas bagi perusahaan  untuk mencapai kinerja yang unggul, agar sumber daya  menjadi basis dari kinerja yang unggul diatas para pesaingnya,sumber daya harus bernilai,  langka dan tidak dapat ditiru.

Untuk menjadikan suatu usaha  berkembang perlu diperhatikan tentang pasar dan pengetahuan teknologi,  dan menilai keuntungan dari  dari peluang usaha baru.

Stategi  Usaha untuk Eksploitasi  Usaha Baru
Sumber  keunggulan kompetif  adalah menjadi yang pertama dalam mengenalkan produk baru atau  menciptakan usaha baru karena dengan usaha baru dapat memungkinkan mendapatkan keuntungan yang bisa  meningkatkan kinerja. Hai ini termasuk:
  1. Penggerak awal  mengembangkan sebuah  keunggulan biaya maksudnya menjadi yang pertama yang menjual sebuah produk pada pasar. 
  2. Penggerak  awal  menghadapi persaingan kompetetif, yang pertama sedikit konsumen terus berkembang dan akhirnya akan hilang. 
  3. Penggerak awal dalam penggunaan saluran-saluran distribusi,karena awal memiliki kesempatan memilih  dan menggembangkan relasi  yang kuat  dengan para pemasok dan saluran distribusi  terpenting. 
  4. Penggerak awal dalam memuaskan konsumen dengan  barang yang dihasillkan sesuai selera, sesuai pangsa pasar yang dituju. 
  5. Penggerak awal dari mendapatkan keahlihan melalui partisipasi dengan belajar produk yang sudah ada, memantau perubahan dipasar yang  menjadi sulit, membangun jaringan.

Ketidakpastian  Konsumen dan Ketidakuntungan Penggerak Awal
Memperkenalkan  produk baru kepada pasar yang ada melibatkan semua elemen dan ada. Ketidakpastian  bagi konsumen mengenai produk baru  yang  tidak yakin bahwa produk baru mempunyai kelebihan dari produk lama, dan konsumen enggan untuk pindah ke produk baru.

Cara yang tepat untuk mengenalkan produk baru tersebut adalah dengan iklan melalui media cetak dan elektronik dan dengan pengarahan atau mendemonstrasikan produk baru di acara atau event-event tertentu sehingga konsumen bisa tertarik dan mau menjadi pelanggan tetap.

Biasanya apabila konsumen melihat produk baru melalui iklan di televisi atau media massa yang lain, akan muncul rasa penasaran untuk mencobanya. Inilah kesempatan bagi para pengusaha untuk menarik perhatian konsumen tersebut.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment