Monday, August 4, 2014

4 Mitos yang Harus Dihindari Ketika akan Berwirausaha

By
Apabila kita ingin memulai berwirausaha, kita harus mempunyai kebulatan tekad (niat) untuk memulainya. Selain itu, terdapat 4 mitos yang harus kita hindari apabila kita akan memulai berwirausaha.


1. MITOS MODAL
Mitos yang pertama adalah Mitos Modal. Mengapa Mitos Modal?? Mungkin kita pernah mendengar atau bahkan pernah mengucapkan kata-kata berikut ini:
Ketika MISKIN, mau berwirausaha KATANYA “TIDAK PUNYA MODAL” bila sudah KAYA (punya modal), mau berwirausaha KATANYA “TAKUT RUGI”
Mitos Modal tersebut harus kita hindari apabila kita ingin bisa segera berwirausaha.

Lalu bagaimana jika tidak punya modal??
Memulai berwirausaha tidak selalu memerlukan modal yang besar. Salah satu contohnya kita bisa menjadi seorang reseller produk tertentu, kita tidak harus mempunyai produknya tetapi kita bisa menjual produk tersebut dengan modal yang relatif kecil.

2. MITOS TEMPAT
Mitos yang kedua adalah Mitos Tempat, pernyataannya sebagai berikut:
Pilih tempat yang RAMAI KATANYA “KONTRAKNYA MAHAL” Pilih tempat yang MURAH KATANYA “PROSEPEKNYA TIDAK PASTI” / SEPI
Apabila kita belum mempunyai tempat yang memadai untuk memasarkan produk, kita bisa mencoba pemasaran tidak langsung yaitu melalui internet, bisa melalui jejaring sosial (facebook, twitter, google +, dsb.), website, forum, dan sebagainya. Dana yang dibutuhkan juga relatif kecil, gampang kan?? :)

3. MITOS PRODUK
Mitos yang ketiga adalah Mitos Produk, berikut pernyataannya:
Pilih produk yang BARU KATANYA “PASARNYA SEPI” Pilih produk yang POPULER KATANYA “KOMPETITORNYA SUDAH LUBER”
Berbicara masalah produk sangat berkaitan dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Sebagai contoh gampangnya saja, ketika musim kemarau jangan menjual jas hujan karena jelas itu tidak akan mungkin dibutuhkan oleh konsumen.


Sedangkan kalau produk yang banyak kompetitornya, gunakanlah strategi diferensiasi dari competitor-kompetitor yang lain. Misalnya dari cara promosi yang unik, pemberian potongan harga, bonus, kemasan yang unik dan lain sebagainya.

4. MITOS USIA
Mitos yang terakhir adalah Mitos Usia, dengan pernyataan sebagai berikut:
Ketika masih MUDA KATANYA “BELUM PUNYA PENGALAMAN” Ketika sudah TUA KATANYA “SUDAH TERLAMBAT, UNTUK APA WIRAUSAHA”
Jangan menunda sesuatu yang ingin kita lakukan, apabila kita ingin berwirausaha, mulailah dari sekarang, tidak peduli dalam usia muda ataupun tua.

Pengalaman akan kita peroleh apabila kita sudah terjun dan action menjadi wirausahawan, kalau tidak terjun dari mana kita dapat pengalaman?? Bener kan?? Apalagi usia muda bisa dikatakan sebagai usia emas untuk berwirausaha karena segala potensi dan kemampuan masih sangat tinggi.

Kalau usia tua bagaimana??? Tidak ada kata terlambat untuk berwirausaha, sebagai contoh adalah Colonel Harland David Sanders yang mendirikan KFC di usia 65 tahun. Wow…mengesankan bukan??

Demikianlah pembahasan mengenai 4 Mitos yang Harus Dihindari Ketika akan Berwirausaha, semoga bisa bermanfaat… :)

Referensi:
Teguh Sunaryo. 2012. Wirausaha: Minat atau Bakat? Disampaikan pada Seminar Nasional Kewirausahaan. Magister Pendidikan Ekonomi PPs FKIP UNS.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment