Monday, July 21, 2014

Pengertian Minat Berwirausaha

By
Minat Berwirausaha mengindikasikan kesukaan atau ketertarikan seseorang untuk berwirausaha. Minat berwirausaha seringkali digunakan sebagai variabel dalam sebuah penelitian. Artikel ini akan membahas tentang pengertian Minat Berwirausaha tersebut menurut beberapa ahli.

Hilgard and Bowers (2004: 22) mendefinisikan minat sebagai:
a persisting tendency to pay attention to and enjoy some activity or content, especially a vocational interest”.
Minat adalah kecenderungan untuk memperhatikan dan menyukai beberapa hal atau kegiatan, khususnya terhadap hal tertentu. Kegiatan yang diminati seseorang harus diperhatikan terus menerus yang disertai dengan rasa senang, sehingga diperoleh kepuasan.

Menurut Brown dan Brooks (1991: 82)
an interest can be defined as something that arouses or holds one’s attention or curiosity. Interests are indications of what individuals want to do or what they enjoy or like.
Minat berwirausaha tidak dibawa sejak lahir tapi tumbuh dan berkembang sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi. Faktor yang memengaruhi tumbuhnya keputusan untuk berwirausaha merupakan hasil interaksi dari beberapa faktor yaitu karakter kepribadian seseorang dan lingkungannya (Bygrave, 2003).

Menurut Lambing dan Kuehl (2007), hasil penelitian terbaru menunjukkan ada empat hal yang memengaruhi keputusan berwirausaha, yaitu diri pribadi, lingkungan budaya, kondisi sosial, dan kombinasi dari ketiganya. Sedangkan menurut Hisrich, et al. (2005: 18) dan Alma (2010:12), faktor yang memengaruhi minat wirusaha adalah lingkungan pendidikan, kepribadian seseorang dan lingkungan keluarga.

Pengertian Minat Berwirausaha

Minat berwirausaha seseorang dapat dilihat dari dua indikator utama yaitu: (1) seberapa kuat upaya seseorang untuk berani mencoba melakukan aktivitas kewirausahaan; (2) seberapa banyak upaya yang direncanakan seseorang untuk melakukan aktivitas kewirausahaan (seperti aktivitas dalam mengelola waktu dan keuangan untuk tujuan berwirausaha).

Berdasarkan pembahasan di atas, diketahui bahwa minat berwirausaha tidak selalu terbentuk secara otomatis sejak lahir, melainkan dapat ditumbuhkan melalui pendidikan dan pelatihan.

Minat berwirausaha juga dipengaruhi oleh adanya soft skills yang tinggi, karena untuk menjadi seorang wirausahawan dibutuhkan berbagai keterampilan dan karakter pribadi yang kuat.

Referensi:
Alma, B. 2011. Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.
Brown, D. & Brooks, L. 1991. Career Counseling Techniques. Boston: Allyn & Bacon.
Bygrave, W. D. 2003. The Portable MBA Entrepreneurship. Jakarta: Binarupa Aksara.
Hilgard, E.R. & Bowers, G. 2004. Theory of Learning: Century Psychology Series. New York: National Book Foundation.
Hisrich, R. D., et al. 2008. Entrepreneurship, Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.
Lambing, P. & Kuehl. C. R.  2007. Entrepreneurship. 4th edition. Upper Saddle River: Prentice Hall.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

2 comments:

  1. apakah ada alat ukur untuk mengukur ttg minat berwirausaha??

    ReplyDelete
  2. Ada Mas/Mbak, yang sering digunakan peneliti adalah dengan Angket/Kuesioner

    ReplyDelete