Friday, July 4, 2014

Pengertian Pengangguran dan Tingkat Pengangguran di Indonesia

By
Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15 sampai 64 tahun) yang tidak mempunyai pekerjaan dan sedang aktif mencari pekerjaan. Jadi, apabila ada orang yang tidak bekerja, tetapi dia tidak aktif mencari pekerjaan, dia tidak bisa dikatakan pengangguran.

Lalu, pertanyaannya adalah adakah orang yang tidak bekerja tetapi tidak mencari pekerjaan?? Jawabannya adalah ADA. Contoh gampangnya adalah ibu rumah tangga atau anak sekolah.

Ibu rumah tangga tidak bekerja untuk mencari penghasilan, tetapi mereka tidak aktif mencari pekerjaan. Demikian  pula dengan anak sekolah, mereka tidak bekerja tetapi tidak aktif mencari pekerjaan. Namun, apabila mereka (ibu rumah tangga dan anak sekolah) aktif mencari pekerjaan, mereka bisa dikatakan sebagai pengangguran.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik bahwa tingkat pengangguran di Indonesia (Februari 2014) mengalami penurunan dibandingkan dengan tingkat pengguran pada tahun 2013.
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia pada Februari 2014 mencapai 5,70 persen, mengalami penurunan dibanding TPT Agustus 2013 sebesar 6,17 persen dan TPT Februari 2013 sebesar 5,82 persen (BPS, 2014).
Selanjutnya, pembahasan akan dipersempit, yaitu terkait dengan tingkat pengangguran di Indonesia berdasarkan pendidikan tertinggi yang ditamatkan.

Pada tahun 2013 kemarin, tepatnya data BPS bulan Agustus 2013, tingkat pengangguran terbuka di Indonesia berdasarkan pendidikan tertinggi yang ditamatkan didominasi oleh lulusan SMK.

Namun pada bulan Februari 2014 ini, kedudukan berubah. Sekarang, pengangguran terbuka di Indonesia berdasarkan pendidikan tertinggi yang ditamatkan didominasi oleh lulusan SMA.


Referensi:
Badan Pusat Statistik. 2014. Berita Resmi Statistik. www.bps.go.id.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment