Friday, July 11, 2014

Pengertian Kewirausahaan

By
Postingan sebelumnya membahas tentang Pengertian Pendidikan. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Kewirausahaan, dan pada postingan selanjutnya nanti, kami akan membahas Pengertian Pendidikan Kewirausahaan.

Dewasa ini kewirausahaan menjadi sangat populer di Indonesia. Kewirausahaan dipandang sebagai solusi untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan. Menurut Eddy Soeryanto Soegoto (2009: 3)
“kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja, dan hasilnya berguna bagi orang lain”.
Kewirausahaan berkaitan dengan inovasi dan sesuatu yang baru serta membawa manfaat untuk kesejahteraan. Kao dalam Lo Choi Tung (2011: 33)
entrepreneurship is the process of doing new and or something different for the purpose of creating wealth for the individual and adding values to society” (Kewirausahaan adalah proses untuk melakukan sesuatu yang baru atau berbeda dengan tujuan menciptakan kekayaan bagi individu dan menambahkan nilai kepada masyarakat).
Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar (Inpres No. 4 Tahun 1995).

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan memiliki berbagai nilai yang sangat diperlukan oleh peserta didik dan dapat ditanamkan melalui pendidikan kewirausahaan. Menurut Buchari Alma (2011) nilai-nilai kewirausahaan tersebut antara lain:
  1. Percaya Diri, indikatornya: penuh keyakinan, optimis, berkomitmen, disiplin dan tanggung jawab. 
  2. Inisiatif, indikatornya: energik, cekatan dalam bertindak, dan aktif. 
  3. Memiliki Motif Berprestasi, indikatornya: orientasi pada hasil dan wawasan ke depan. 
  4. Memiliki Jiwa Pemimpin, indikatornya: dapat dipercaya, tangguh dalam bertindak.
  5.  Berani, indikatornya: harus bertindak cepat dalam mengambil resiko dengan penuh perhitungan. 
  6. Orisinalitas, indikatornya diantaranya: punya referensi yang cukup, tidak menyontek/plagiat.
Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah proses usaha kreatif dan inovatif dalam menciptakan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, manfaat serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Kewirausahaan tidak hanya sekedar berperan dalam peningkatan output masyarakat saja, melainkan mempunyai andil besar dalam pemerataan kesejahteraan. Melalui kewirausahaan dapat tercipta suatu lapangan pekerjaan sehingga tidak hanya pemilik usaha (wirausaha) saja yang sejahtera melainkan juga masyarakat di sekitarnya.

Sumber:
Budi Wahyono. 2013. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Pedan Tahun 2013. Tesis. PPs UNS.

Download versi PDF? Klik di Sini!
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment